Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA TINGKAT SD PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU

Nurul Nabila, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA TINGKAT SD PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL NABILA LENGKAP.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV NURUL NABILA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Nurul Nabila, (2024) : Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Tingkat Sd Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada muatan pembelajaran IPA di kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya satu orang guru dan 26 siswa dan objeknya adalah model quantum teaching dan keterampilan proses sains. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran quantum teaching. Grafik Peningkatannya terlihat dari hasil tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa hanya 47,60 dengan kategori kurang. Pada siklus I nilai rata ratanya meningkat menjadi 63,64 dengan kategorikurang. Pada siklus II keterampilan proses sains siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata 81,09 dengan kategori baik. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada muatan pembelajaran IPA di MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: KeterampilanProses Sains, Model Pembelajaran Quantum Teaching

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusilawati0627028401susilawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:07
Last Modified: 28 Jun 2024 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80074

Actions (login required)

View Item View Item