Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KEPALA DESA SEBAGAI MEDIATOR DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN PIDANA RINGAN MASYARAKAT DESA KEPAU JAYA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA

RAHMI EKA PUTRI, - (2024) PERAN KEPALA DESA SEBAGAI MEDIATOR DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN PIDANA RINGAN MASYARAKAT DESA KEPAU JAYA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang menegaskan peran serta fungsi kepala desa sebagai penyelesai perselisihan masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak dijumpai perselisihan yang belum terselesaikan di Desa Kepau Jaya. Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran dan hambatan kepala Desa sebagai mediator dalam penyelesaian perselisihan pidana ringan masayarakat Desa Kepau Jaya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran kepala Desa sebagai mediator dalam penyelesaian perselisihan pidana ringan masayarakat Desa Kepau Jaya berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan apa hambatan kepala Desa sebagai mediator dalam penyelesaian perselisihan pidana ringan masyarakat Desa Kepau Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan sosiologis dan sifat penelitian adalah yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumen dan studi pustaka. Dari hasil penelitian penulis, dapat dipahami bahwa peran kepala Desa sebagai mediator dalam penyelesaian perselesihan masyarakat Desa sangat penting sekali, namun penyelesaian perselesihan yang di mediatori oleh kepala Desa Kepau Jaya masih belum maksimal karena masih banyak kasus yang belum terselesaikan. Adapun hambatan kepala Desa sebagai mediator berupa, pembuktian yang dilakukan oleh korban kurang lengkap, tidak adanya saksi pada saat terjadinya peristiwa tersebut, dan tidak adanya pengakuan dari si pelaku, sehingga menyebabkan proses mediasi tidak bisa lagi untuk dilanjutkan oleh kepala Desa. Kata Kunci: Peran, Kepala Desa, Mediator, Perselisihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHellen Last Fitriani1023078202fitrianihellenlast@gmail.com
Thesis advisorMuhammad Darwis2027027801m_darwis@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:22
Last Modified: 27 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80015

Actions (login required)

View Item View Item