PENERAPAN METODE CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Rosmiati, (2011) PENERAPAN METODE CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011150.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di Sekolah Dasar Negri 018 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, di antaranya Hasil belajar yang di peroleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, lebih dari 60% dari seluruh siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 7,5 yang di tetapkan, Siswa terkesan sulit memahami materi yang di sampaikan oleh guru di kelas, hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% siswa jarang menjawab pertanyaan yang di berikan oleh gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Concept Mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode Concept Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negri 018 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus dan tiap siklus di lakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang di lalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil observasi Sebelum di lakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong sedang dengan rata-rata 51,1%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 64,1%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 77,4% dengan kategori baik, hal ini membuktikan bahwa dengan metode concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negri 018 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:24
Last Modified: 22 Dec 2015 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item View Item