Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI TUGAS DAN KEWENANGAN KEPALA DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi di Gampong Keude Trienggadeng Kec. Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya Aceh)

IRSADI MUZAKKAR, - (2024) IMPLEMENTASI TUGAS DAN KEWENANGAN KEPALA DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi di Gampong Keude Trienggadeng Kec. Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya Aceh). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRSADI MUZAKKAR.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Irsadi Muzakkar (2024) : Implementasi Tugas Dan Kewenangan Kepla Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Dalam Perspektif Fiqih Siyasah (Studi di Gampong Keude Trienggadeng Kec. Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya Aceh) Penelitian ini mengkaji tentang: Implementasi Tugas dan Kewenangan Kepala Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Dalam Perspektif Fiqih Siyasah (Studi di Gampong Keude Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya Aceh). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi tugas dan kewenangan Kepala; (2) Untuk mengetahui fakor-faktor yang mempengaruhi dalam mengimplementasikan tugas dan kewenangan Kepala Desa; (3) Untuk mengetahui tinjauan fiqih siyasah terhadap implementasi tugas dan kewenangan Kepala Desa berdasarkan Pasal 26 ayat 1 dan 2 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Gampong Keude Trienggadeng Aceh Kabupaten Pidie tahun 2022-2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris dengan cara (field research) yaitu langsung di lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif yaitu dengan menjelaskan dan menguraikan mengenai implementasi tugas dan kewenangan Gampong Keude Trienggadeng Aceh Kabupaten Pidie. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala Gampong Keude Trienggadeng, Aparat pemerintah Gampong, Tokoh masyarakat dan masyarakat. Teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi tugas dan kewenangan kepala desa berdasarkan Pasal 26 ayat (1 dan 2) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Dalam Perspektif Fiqih Siyasah, bahwaimplementasi tugas yang diimplementasikan oleh kepala Gampong Keude Trienggadeng yaitu penyelenggaran pemerintahan Gampong Keude Trienggadeng; implementasi pembangunan Gampong Keude Trienggadeng; pembinaan masyarakat Gampong Keude Trienggadeng; dan pemberdayaan masyarakat Gampong Keude Trienggadeng. Dalam mengimplementasi kewenangan sebagai kepala Gampong Keude Trienggadeng seperti memimpin penyelenggaraan pemerintahan Gampong Keude Trienggadeng; mengangkat dan memberhentikan aparat Gampong Keude Trienggadeng; menetapkan APBDes; menetapkan peraturan desa terkait dengan APBDes, dan membina kehidupan dan ketertiban dalam masyarakat desa, telah terlaksana sebagian besar, namun sebagiannya belum terlaksana yaitu berkaitan dengan peraturan gampong mengenai organisasi pemerintahan gampong, tata ruang dan pungutan atau pengaturan pungutan zakat mal/infak/sadaqah.Dan beberapa factor yang mempengaruhi dan pendukung implementasi tugas dan kewenangan kepala Gampong Keude Trienggadeng yaitu masih kurang sarana dan prasarana, partisipasi masyarakat, dan sumber daya manusia. Sedangkan factor pendukung yaitu kekuasaan kepala Gampong Keude Trienggadeng, kewibawaan kepala Gampong Keude Trienggadeng, dan tanggung jawab kepala Gampong Keude Trienggadeng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorABU SAMAH2012066702samahabu482@gmail.com
UNSPECIFIEDWAHIDIN2008017101wahidin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:48
Last Modified: 27 Jun 2024 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79994

Actions (login required)

View Item View Item