Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN BUMDES DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Di Desa Hutanopan Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas)

M. HASAN BASRI POHAN, - (2024) PERAN BUMDES DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Di Desa Hutanopan Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. HASAN BASRI POHAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)

Abstract

M. Hasan Basri Pohan (2024): Peran BUMDES Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Di Desa Hutanopan Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas) Penelitian ini dilatarbelakangi kurang maksimalnya Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya berdasarkan Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Adapun pokok permasalahan penelitian ini adalah ; 1) Bagaimana Peran BUMDES Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Hutanopan?, 2) Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Dalam Pengelolaan BUMDES Di Desa Hutanopan?, 3) Bagaimana Tinjauan Fiqih Siyasah Upaya Meningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Hutanopan Melalui BUMDES?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran BUMDES Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Hutanopan Kecamatan Lubuk Barumun Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Perspektif Fiqih Siyasah. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan, atau penelitian lapangan, di mana data dikumpulkan dari informan dan objek penelitian di lapangan. Data primer dan sekunder adalah sumber data penelitian, dan metode pengumpulan data termasuk dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa peran BUMDES dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sudah sesuai dengan dengan peraturan undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tetapi belum maksimal. Perannya adalah melaksanakan dan mengembangkan unit-unit usaha di BUMDes Hutanopan yaitu; 1. Unit ternak sapi dan 2. Unit perkebunan sawit. Faktor Penghambat Peran BUMDES Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat adalah masalah permodalan dan rendahnya sumber daya manusia. Menurut perspektif Fiqih Siyasah terhadap Peran BUMDES Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Di Desa Hutanopan Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas sudah sesuai dengan konsep Fiqih Siyasah Maliyah. Kata Kunci : Peran, BUMDes, Kesejahteraan Ekonomi, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD ANSOR, -2013077601ansor@uin-suska.ac.id
Thesis advisorZAINAL ARIFIN, -2004076501zainalarifinnn2018@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:38
Last Modified: 27 Jun 2024 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79981

Actions (login required)

View Item View Item