Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK REUNI SEKOLAH TERHADAP PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA PEKANBARU

SALSABILA ZUHROH, - (2024) DAMPAK REUNI SEKOLAH TERHADAP PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perceraian yang terjadi di Pengadilan Agama Pekanbaru yang salah satu penyebab terjadinya perceraian karena reuni sekolah. Ini dibuktikan berdasarkan data yang didapat dari tahun 2014-2020 terdapat 7 kasus perceraian yang salah satu penyebab terjadinya perceraiannya karena reuni sekolah. Dalam penelitian ini penulis menarik pokok permasalahan yaitu bagaimana dampak reuni sekolah terhadap perceraian di Pengadilan Agama Pekanbaru. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap reuni yang dapat menyebabkan terjadinya perceraian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana dampak reuni sekolah terhadap perceraian di Pengadilan Agama Pekanbaru. Mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap reuni sekolah yang dapat menyebabkan terjadinya perceraian. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan analisis. Subjek penelitian yaitu putusan perceraian tahun 2014-2020 terdapat 7 putusan perceraian, objek penelitian ini yaitu dampak reuni sekolah terhadap perceraian di Pengadilan Agama Pekanbaru. Sumber data yang digunakan berupa sumber hukum primer dan sumber hukum sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara hakim dan documenter. Teknik analisis dengan penelitian yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini bahwasanya hukum reuni itu mubah (boleh), hukum reuni itu ditentukan berdasarkan kegiatan yang dilakukannya didalamnya, jika kegiatan reuni yang di isi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti menyambung silaturahmi antar sesama, mendekatkan diri kepada Allah, saling membantu, melakukan penggalangan dana untuk yang membutuhkan dan sebagainya maka hukumnya sunnah sedangkan reuni yang didalamya terdapat kegiatan yang tidak bermanfaat yaitu terjadinya CLBK, perselingkuhan bahkan perzinahan, terjadinya ghibah, terjadinya sentuhan fisik, pegang memegang, colek menyolek, bersenda gurau dengan yang bukan mahram sehingga dapat menyebabkan perceraian maka hukumnya haram. Kata Kunci : Reuni, Putusan, Perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARDIANA2010047401mardiana@uin-suska.ac.id
UNSPECIFIEDMUTASIR2008058501mutasir@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:52
Last Modified: 27 Jun 2024 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79975

Actions (login required)

View Item View Item