Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Layanan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy dalam Meningkatkan Berpikir Rasional pada Korban Penyalahgunaan Napza di Yayasan Generasi Muda Bernilai Pekanbaru

AYU ELPI HUSNAH, - (2024) Layanan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy dalam Meningkatkan Berpikir Rasional pada Korban Penyalahgunaan Napza di Yayasan Generasi Muda Bernilai Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan pemikiran rasional pada korban napza di Yayasan Generasi Muda Bernilai Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan konseling kualitatif dengan jenis penelitian Case Study Research dan bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling REBT dapat meningkatkan pemikiran rasional korban napza,untuk memaksimalkan hasil mengembangkan pemikiran rasional yayasan juga mengadakan kegiatan yang memberikan stimulus bagi pasien agar dapat mengubah pola pikir dan memiliki jiwa bersosialisasi salah satu kegiatan yang membantu pasien untuk lebih mengembagkan pemikiran rasional adalah kegiatan sambung rasa, kegiatan ini bersifat diskusi antar konselor dan pasien, dimana konselor mengadakan sharing apa yang dirasakan pasien selama satu hari baik secara psikis maupun phsikologi. Faktor pendukung pelaksanaan konseling REBT meliputi kepercayaan, dukungan sosial, empati, dan pemahaman, kesehatan mental, dan kesadaran akan peningkatan kebutuhan dan pertumbuhan. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan konseling REBT meliputi ketiadaan ruang khusus untuk melaksanakan konseling, beberapa pasien tidak ingin mengubah pola pikir mereka, khawatir tentang konsekuensi yang mungkin terjadi dari perubahan, atau tidak yakin apakah perubahan akan membawa manfaat yang diharapkan, Secara keseluruhan, penelitian ini berkontribusi terhadap semakin banyaknya penelitian mengenai penerapan REBT dalam meningkatkan pemikiran rasional di kalangan pengguna NAPZA, dan memberikan wawasan berharga mengenai pendekatan terapeutik yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYasril Yazid,, -2029047201yasril.yazid@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:30
Last Modified: 26 Jun 2024 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79960

Actions (login required)

View Item View Item