Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MEKANISME PEMEKARAN DESA KUNTU KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 1 TAHUN 2017

DELA PUSPITA, - (2024) MEKANISME PEMEKARAN DESA KUNTU KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 1 TAHUN 2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DELA PUSPITA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

ABSTRAK Dela Puspita (2024): Mekanisme Pemekaran Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan terkait mekanisme pemekaran Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, dimana Desa Kuntu mengalami hambatan dalam pelaksanaan pemekaran seperti hamabatan dalam tapal batas wilayah, yang merupakan salah satu syarat dilaksanakannya pemekaran Desa, padahal pemerintahan Desa dapat berpedoman kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa. Ketertarikan dalam meneliti karena lokasi tersebut pernah melakukan pemekaran Desa tetapi mengalami hambatan dalam proses pemekaran Desa sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau bagaimana mekanisme pemekaran Desa yang dilaksanakan di Desa Kuntu, dan apa faktor penghambat pemekaran Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa. Jenis penelitian adalah hukum empiris/sosiologis dengan pendekatan efektivitas hukum dengan menggunakan teknik kualitatif, dengan meliputi analisis dokumen hukum dan wawancara dengan pihak terkait. Penelitian langsung ke lapangan yang berokasi di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Informan penelitian terdiri dari 36 populasi dan 36 sampel dengan menggunakan teknik total sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Sumber data primer adalah aparat pemerintahan Desa, Kasi pemerintahan Kecamatan, tim validasi data pemekaran Desa Kuntu, dan tokoh masyarakat, Sedangkan sumber data sekunder adalah buku, jurnal, skripsi dan internet. Teknik pengumpulan data penelitian ini observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah analisis secara analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pemekaran Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar telah melalui beberapa tahap seperti tahap mengajukan prakarsa pemekaran Desa, Badan Permusyawaratan Desa melakukan musyawarah Desa, pembentukan tim validasi Desa persiapan, sampai pada tahap administarasi dan peninjauan lapangan, tim validasi menemukan bahwa persyaratan untuk pembentukan pemekaran Desa belum terpenuhi karena belum memenuhi persyaratan pembentukan Desa sesuai dengan Pasal 21 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang penataan Desa, sehingga mekanisme pemekaran Desa Kuntu hanya sampai pada tahap peninjauan lapangan. Hambatan dalam pemekaran Desa Kuntu ini meliputi tapal batas wilayah, ketidaksiapan perangkat panitia pemekaran Desa, dan faktor politik. Kata Kunci: Mekanisme, Pemekaran, Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNur'aini Sahu, -2011075901nurainisahu@uin-suska.ac.id
Thesis advisorPeri Pirmansyah, -2031108202Pirmansyahdr82@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:17
Last Modified: 26 Jun 2024 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79958

Actions (login required)

View Item View Item