Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

مفهوم النور عند اإلمام السعدي ودوره في إحياء قلب البشر ) دراسة تحليلية موضوعية لسورة النور اآلية ٣٥)

RAHMADI, - (2024) مفهوم النور عند اإلمام السعدي ودوره في إحياء قلب البشر ) دراسة تحليلية موضوعية لسورة النور اآلية ٣٥). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Konsep Cahaya menurut Imam As Sa’di dan perannya dalam membentuk kehidupan hati manusia ( Studi Analisis surah An-Nur ayat 35)” bertujuan untuk mengembangkan kajian Al-Qur’an yang lebih komprehensif pada studi ayat-ayat mengenai Nur (cahaya),karena Nur dalam Al-Quran mempunyai dua makna,cahaya Al hissi (fisik )dan cahaya maknawi (kiasan). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode pendekatan tafsir maudhu’i dan tahlili untuk menganalisis makna Nur pada surah An-Nur ayat 35. Dan hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa makna Nur menurut Imam As-Sa’di adalah Allah,Nabi Muhammad,ilmu,ibadah,iman,hidayah,alQur’an,taurat,injil,keadilan,dan petunjuk orang mukmin di shiroth al mustaqim. Dalam membentuk kehidupan hati manusia cahaya mempunyai hubungan erat antara satu sama lain dan dapatkan dengan kasab dan mujahadah sesuai dengan urutanya,yaitu diawali dengan menuntut ilmu syariat,mengapliksakian dalam bentuk ibadah,memperkuat iman,dan menjaga kebersihan hati dan kesucian jiwa sehingga mendapatkan hidayah Allah SWT dan terwujudlah kehidupan hati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDLukmanul Hakim2002058901man89th@uin-suska.ac.id
UNSPECIFIEDAgus Firdaus Candra12908850001agus.firdaus.chandra@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:21
Last Modified: 26 Jun 2024 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79908

Actions (login required)

View Item View Item