Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 BASO

RIZKA FEBRISA AGISTI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 BASO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rizka Febrisa Agisti, (2024) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Division terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baso Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baso. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam berjumlah 37 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian kelas VIII.2 berjumlah 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII.1 berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dibuktikan dengan nilai thitung > tabel (1.181 > 0,681 ) dan perhitungan nilai sig (-2 tailed) < 0,05 (0,001 < 0,05). Dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baso. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 80,52 lebih tinggi dari kelas kontrol 76,11 Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Team Achievement Division, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIRAWATI, -2004047401,mirawati.mgz@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:16
Last Modified: 25 Jun 2024 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79881

Actions (login required)

View Item View Item