Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMALISASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU KULIT KEBAB DAN DAGING KEBAB PADA UMKM KEBAB JAGO MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ)

LAUZANNE FAIZAH AMINI, - (2024) OPTIMALISASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU KULIT KEBAB DAN DAGING KEBAB PADA UMKM KEBAB JAGO MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pengendalian persediaan bahan baku kulit kebab dan daging kebab menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) lebih optimal dibandingkan metode konvensional yang digunakan Kebab Jago. Disini peneliti menghitung dan membandingkan jumlah pemesanan bahan baku kulit kebab dan daging kebab, jumlah frekuensi pemesanan bahan baku tepung terigu, jumlah persediaan pengaman, titik pemesanan kembali, dan total biaya persediaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi lapangan dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui frekuensi pemesanan yang dilakukan oleh Kebab Jago sebanyak 24 kali dengan rata-rata pemesanan 20 pack kulit kebab dan 2 kg daging kebab setiap kali pemesanan. Sedangkan menggunakan metode EOQ, frekuensi pemesanan seharusnya dilakukan adalah sebanyak 9 Kali dengan kuantitas per pesan 52 pack kulit kebab dan 5 kg daging kebab. Kebab Jago belum menentukan berapa persediaan pengaman bahan baku kulit kebab dan daging kebab yang harus tersedia, sedangkan persediaan pengaman menurut metode EOQ adalah sebanyak 4 pack kulit kebab dan 1 kg daging kebab. Titik pemesanan kembali juga belum ditentukan oleh Kebab Jago sedangkan menurut metode EOQ, Kebab Jago harus melakukan pemesanan kembali ketika bahan baku yang tersisa hanya 4 pack kulit kebab dan 1 kg daging kebab. Total biaya persediaan pada tahun 2022 menggunakan metode EOQ lebih minimum daripada kebijakan Kebab Jago. Total biaya persediaan menurut kebijakan Kebab Jago ialah sebesar Rp.1.258.785, sementara menggunakan metode EOQ sebesar Rp.379.474. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pengendalian persediaan bahan baku kulit kebab dan daging kebab menjadi lebih optimal saat menggunakan metode EOQ dibandingkan metode konvensional yang diterapkan oleh Kebab Jago.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUmi Rachmah Damayant, -1026077701Umirachmahdamayanti@gmail.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:41
Last Modified: 25 Jun 2024 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79876

Actions (login required)

View Item View Item