Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH KOTA DUMAI

FIRDAUS, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH KOTA DUMAI. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI FIRDAUS.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Firdaus (2023) : Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Islam pada Kelas X Madrasah Aliyah Kota Dumai Pembelajaran Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas Pembelajaran Geografi permukaan bumi. Pendapat lain mengatakan definisi Geografi adalah studi tentang ciri-ciri fisik bumi dan atmosfernya, dan aktivitas manusia yang mempengaruhi dan dipengaruhi, termasuk distribusi populasi dan sumber daya, penggunaan lahan, dan industri. Dalam konteks lain Geografi merupakan pelajaran tentang fenomena alam. Rumusan masalah dalam penelitian adalah : 1) Bagaimana modul pembelajaran Geografi yang selama ini digunakan di kelas X pada Madrasah Aliyah di Kota Dumai? 2) Bagaimana pembuatan modul pembelajaran Geografi berbasis Islam kelas X pada Madrasah Aliyah di Kota Dumai? 3) Bagaimana implementasi modul pembelajaran Geografi berbasis Islam kelas X pada Madrasah Aliyah di Kota Dumai? Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) Menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Geografi berbasis Islam di kelas X pada Madrasah Aliyah. 2) Mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Geografi berbasis Islam di kelas X pada Madrasah Aliyah Kota Dumai. 3) Mengetahui penilaian pendidik terhadap produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Geografi berbasis Islam di kelas X pada Madrasah Aliyah Kota Dumai. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development (R & D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model ADDIE terdapat 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Model ini dipilih karena, Model pengembangan ADDIE lebih rinci dan mudah dipahami oleh peneliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini , yaitu observasi participant, wawancara dan gabungan ketiganya atau triangulasi, serta dokumentasi. Teknik Analisa data adalah : menganut Miles and Huberman. Data verification dilakukan secara interaktif melalui proses data reduction, data display. Proses data reduction adalah dengan merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan hal-hal penting, mencari tema dan pola. Adapun hasil penelitian ini yaitu : Pengembangan modul pembelajaran geografi berbasis Islam pada kelas X Madrasah Aliyah di Kota Dumai, yaitu modul pembelajaran geografi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat al-Qur‟an sehungga guru dan siswa memiliki pengetahuan tidak hanya tentang geografi itu sendiri namun juga keyakinan kepada Allah SWT sebagai Pencipta alam semesta. Modul pembelajaran Geografi berbasis Islam di kelas X MA di Kota Dumai yang telah peneliti susun sudah dilakukan validasi oleh para guru Geografi MA baik dari segi desain modul, materi, gambar dan tata bahasa menyatakan bahwa Modul pembelajaran Geografi berbasis Islam kelas X MA Kota Dumai dikategorikan layak untuk diberikan dan dipergunakan dalam pembelajaran geografi di kelas X Madrasah Aliyah Kota Dumai. Kata Kunci : Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi berbasis Islam.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASMAL MAY, -2010105205asmalmay_1953@yahoo.com
Thesis advisorABU ANWAR,, -2017086701hafizoh.anwar@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:11
Last Modified: 25 Jun 2024 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79874

Actions (login required)

View Item View Item