Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INTERNALISASI KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ADABU AL ALIM WA AL MUTA’ALLIM PADA KITAB IRSYADU AL SARI KARYA KH. HASYIM ASY’ARI

A. ABU ZAZID, - (2024) INTERNALISASI KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ADABU AL ALIM WA AL MUTA’ALLIM PADA KITAB IRSYADU AL SARI KARYA KH. HASYIM ASY’ARI. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI A. ABU ZAZID.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK A. Abu Zazid, 2024, Internalisasi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Adabu Al Alim Wa Al Muta‟allim pada Kitab Irsyadu Al Sari Karya KH. Hasyim Asy‟ari, Disertasi, Program Pascasarjana UIN Suska Riau Konsep kompetensi guru dalam a Adabu Al Alim Wa Al Muta‟allim pada Kitab Irsyadu Al Sari karya KH. Hasyim Asy‟ari secara umum telah mengungkap hamper seluruh kriteria kompetensi guru yang disyaratkan pemerintah pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kelemahan dari konsep kompetensi guru yang diungkapkan oleh KH. Hasyim Asy‟ari hanya pada ketidakjelasan dalam pemanfaatan teknologi, cara peningkatan keilmuan pendidik, dan cara berkomunikasi serta berkoordinasi dengan teman sejawat atau para guru yang lainya.2. Internalisasi kompetensi guru dalam adabul alim wal muta‟allim pada kitab Irsyad Sari karya KH. Hasyim Asy‟ari menempatkan guru sebagai pemain multi peran dengan tugas yang amat bervariasi. Namun yang terpenting menurut KH. Hasyim Asyari adalah pengembangan kepribadian dan pembentukan kepribadian anak didik. Oleh karena itu guru harus mampu menjadi uswatun hasanah dengan memainkan perannya sebagai (a) Pengarah dan menjaga kesucian baik fisik maupun psikis, (b) Pembuat suasana nyaman dalam pembelajaran, (c) Pengatur Materi Pembelajaran, (d) Mengasihi dan menyayangi peserta didik. Pengembangan kompetensi kepribadian guru dilakukan melalui pembiasaan, mencontoh pimpinan, mempersiapkan diri menjadi pemimpin, memahami bahwa sedang diawasi (disupervisi), dan tekad yang kuat untuk memajukan lembaga pendidikan Islam. Kata Kunci: Kompetensi, Guru, KH. Hasyim Asy‟ari

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASMAL MAY, -2010105205asmalmay_1953@yahoo.com
Thesis advisorZAMSISWAYA, -2021017002drzamsiswaya@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:15
Last Modified: 05 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79866

Actions (login required)

View Item View Item