Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 13-19 DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM TINGKAT DASAR

SUWANDI, - (2024) PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 13-19 DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM TINGKAT DASAR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI SUWANDI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Suwandi (2024):Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 13- 19 dan Implementasinya Pada Pendidikan Islam Tingkat Dasar. Dalam pendidikan anak, kedua orang tua merupakan sosok manusia yang pertama kali dikenal anak. Hal tersebut tergambar dalam surat Luqman ayat 13-19. Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1) Aapasajakah aspek-aspek pendidikan anak dalam Al-Qur‟an surat Luqman ayat 13-19? ; 2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Anak dalam Al-Qur‟an Surat Luqman Ayat 13-19 Pada Pendidikan Islam Tingkat Dasar ?. Tujuan penelitian ini adalah untu mengetahui; 1) Aapasajakah aspek-aspek pendidikan anak dalam Al-Qur‟an surat Luqman ayat 13-19? ; 2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Anak dalam Al-Qur‟an Surat Luqman Ayat 13-19 Pada Pendidikan Islam Tingkat Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didesain dalam bentuk penelitian kepustakaan atau Library research. Objek penelitian ini adalah Al-Qur‟an. Sejalan dengan itu, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode tafsir Maudu'i . Sumber primer adalah Al-qur‟an dan sumber-skundernya adalah tulisan yang berhubungan dengan penelitian penulis. Sedangkan teknik analis datanya yang digunakan adalah, Pertama, memilih istilah-istilah kunci (key terms) dari vocabulary Al-Qur‟an dalam menjelaskan tentang potensi manusia. Kedua, menentukan makna pokok (basic meaning) dan makna nasabi (relational meaning), Ketiga, menyimpulkan dan menyatukan konsep-konsep itu ke dalam satu konsep umum. Adapun hasil penelitian ini adalah aspek-aspek pendidikan anak dalam Al-Qur‟an surat Luqman ayat 13-19 dan Implementasi Pendidikan Anak dalam Al-Qur‟an Surat Luqman Ayat 13-19 Pada Pendidikan Islam Tingkat Dasar, bahwa pendidikan anak dalam al-Qurán adalah bimbingan, pemeliharaan, dan pengasuhan terhadap potensi yang dimiliki anak agar dapat tumbuh secara optimal agar tercapainya tujuan pendidikan yang sesuai dengan konsep ajaran al- Qurán. Luqman al-Hakim merupakan sosok hamba yang shalih, lembut tutur katanya, bijaksana, pandai dalam pengetahuan, sikap, perkataan serta perbuatannya yang penuh hikmah. Ia bukanlah seorang Nabi, namun petuah bijaknya dapat kita rasakan melalui firman-Nya dalam QS. Luqman yang sampai pada saat ini kita ketahui. Adapun pendidikan Luqman al-Hakim terhadap anaknya yakni meliputi: a) Pendidikan Aqidah (Tauhid) b) Pendidikan Akhlak c) Pendidikan Ibadah, d) Sosial Kemasyarakatan. Implementasi Pendidikan Anak dalam Al-Qur‟an Surat Luqman Ayat 13-19 Pada Pendidikan Islam Tingkat Dasar , yaitu dalam mendidik anak dengan menggunakan metode yang sesuai dengan konsep alqur‟an yaitu; a) Metode Perhatian dan Kasih Sayang, b) Metode Nasihat (mau‟iżah), c) Metode Komunikasi/Dialog (Hiwār), d) Metode Keteladanan, e) Metode Pembiasaan, f) Metode Perumpamaan, g) Metode Ancaman dan Hukuman. Kata kunci : Pendidikan, Anak, Al-Qur’an, Surat Luqman 13-19, Tingkat Dasar.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorILYAS HUSTI, -2030126101ilyashusti.pps@gmail.com
Thesis advisorSAWALUDDIN, -2115078401regarsawaluddin@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:06
Last Modified: 25 Jun 2024 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79863

Actions (login required)

View Item View Item