Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PROGRAM SENTRA TERNAK DOMPET DHUAFA RIAU DALAM MENSEJAHTERAKAN PENERIMA MANFAAT DITINJAU MENURUT FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Dompet Dhuafa Riau)

RINI MAYA SAROH SIREGAR, - (2024) PENERAPAN PROGRAM SENTRA TERNAK DOMPET DHUAFA RIAU DALAM MENSEJAHTERAKAN PENERIMA MANFAAT DITINJAU MENURUT FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Dompet Dhuafa Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rini Maya Saroh Siregar (2024): Penerapan Program Sentra Ternak Dompet Dhuafa Dalam Mensejahterakan Penerima Manfaat Ditinjau Menurut Fiqh Muamalah (Studi Kasus Dompet Dhuafa Riau) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program sentra ternak Dompet Dhuafa Riau yang beralamatkan di Desa Simpang Petai, Kec, Rumbio Jaya, Kab. Kampar. Program sentra ternak Dompet Dhuafa Riau ini memiliki tujuan untuk mensejahterakan para mustahik yang di mana mereka memiliki kemauan untuk mengembangkan usaha ternak namun mereka terkendala karena tidak memiliki modal atau biaya oleh karena itu program sentra ternak ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: Mengapa program tidak mampu mensejahterakan para penerima manfaat? Mengapa faktor-faktor yang dapat bantuan ternak ini tidak sejahtera? Bagaimana tinjauan fiqh muamalah pada penerapan program sentra ternak Dompet Dhuafa dalam mensejahterakan penerima manfaat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa program tidak mampu mensejahterakan para penerima manfaat, untuk mengetahui mengapa orang yang dapat bantuan ternak ini tidak sejahtera, untuk mengetahui tinjauan Fiqh Muamalah pada penerapan program sentra ternak Dompet Dhuafa dalam mensejahterakan penerima manfaat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Dompet Dhuafa Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah 15 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik total sampling. Sumber data menggunakan data primer yaitu wawancara langsung dengan pihak terkait. Data sekunder dari buku, karya ilmiah, dokumen yang terkait dengan penelitian. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data berupa metode deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program Dompet Dhuafa dari segi sentra ternak ini memang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat melalui pemberdayaan diberikan modal usaha juga diberikan pelatihan. Bahwa dari indikator belum ditetapkan sehingga hasilnya belum maksimal untuk mensejahterakan para penerima manfaat. dan para penerima bantuan tidak Sejahtera didapat hasil bahwa adanya faktor lingkungan dan faktor tehnik dari penerima manfaat atau dari Dompet Dhuafa Riau dengan itu maka dapat dikatakan dari segi tinjauan Fiqh Muamalah Dompet Dhuafa Riau sudah menjalankan dengan baik walaupun masih ada temuan di lapangan bahwa program ini belum bisa mensejahterakan. Kata kunci: Fiqih Muamalah, Mensejahterakan, Penerapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAHMAD ADRI RIVAI2023027301ahmadadririvai1973@gmail.com
UNSPECIFIEDADE FARIZ FAHRULLAH2012116701ade.fariz.fahrullah@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:07
Last Modified: 25 Jun 2024 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79857

Actions (login required)

View Item View Item