Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN KRIMINOLOGI TENTANG FENOMENA PENIPUAN IDENTITAS (CATFISHING) DENGAN MODUS ASMARA (LOVE SCAM) DI SOSIAL MEDIA (Studi Kasus Di Kota Pekanbaru)

CINDDY ALLISYA FARIGHASUARI, - (2024) TINJAUAN KRIMINOLOGI TENTANG FENOMENA PENIPUAN IDENTITAS (CATFISHING) DENGAN MODUS ASMARA (LOVE SCAM) DI SOSIAL MEDIA (Studi Kasus Di Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI CINDDY ALLISYA FARIGHASUARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Cinddy Allisya Farighasuari (2024): “Tinjauan Kriminologi Tentang Fenomena Penipuan Identitas (Catfishing) Dengan Modus Asmara (Love Scam) di Sosial Media (Studi Kasus Di Kota Pekanbaru)” Penipuan identitas (catfishing) merupakan seseorang yang menggunakan informasi palsu untuk membuat identitas baru di sosial media atau platform online lainnya guna menarik perhatian si korban. Pelaku biasanya mengambil manfaat dari orang lain, minta uang, membicarakan hal-hal pribadi, berkomunikasi secara virtual seperti melalui telepon atau video call. Namun, keadaan digunakan sebagai sarana manipulasi untuk mendapatkan keuntungan atau dikenal sebagai love scam. Hal ini termasuk kedalam unsur tindak pidana penipuan, dimana diatur didalam pasal 378 KUHP dan Pasal 35 Jo Pasal 51 UU ITE. Adanya fenomena penipuan identitas (catfishing) dengan modus asmara (love scam) ini diadukan dan diproses di Polda Riau. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tinjauan kriminologi terhadap fenomena penipuan identitas (catfishing) dengan modus asmara (love scam) di sosial media dan bagaimana faktor penyebab terjadinya fenomena catfishing dengan modus asmara (love scam) di sosial media. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian hukum adalah sosiologis. Sumber data penelitian yang digunakan adalah data primer, data sekunder, dan data tersier. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, bahwa adanya upaya hukum preventif untuk mencegah terjadinya kejahatan atau pelanggaran hukum serta upaya hukum represif untuk menegakkan hukum, mengadili pelaku dan memberikan sanksi yang sesuai dengan perbuatan pelaku, sebagai bentuk tindakan hukum. Lalu terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi penyebab terjadinya kasus ini ialah tidak mengerti akan perkembangan teknologi, mencari jodoh lewat aplikasi dating tanpa teliti dan hati-hati, mudah merasa kasihan akan suatu hal, mudah percaya dan terpikat akan kata-kata manis, agamis, ataupun janji palsu, mudahnya memberikan data pribadi kepada orang lain, faktor ekonomi, lingkungan, film yang di lihat, dan modus operandi. masyarakat sebagai pengguna sosial media dimohonkan untuk bijak menggunakan sosial media. Kata Kunci: Penipuan Identitas, Catfishing, Love scam, Kriminologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:08
Last Modified: 24 Jun 2024 06:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79807

Actions (login required)

View Item View Item