Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MANAJEMEN RISIKO RANTAI PASOK HALAL PADA RUMAH POTONG HEWAN DENGAN METODE SCOR DAN HOR (STUDI KASUS: RUMAH POTONG HEWAN - RUMINANSIA (RPH-R) KOTA PEKANBARU)

FAIZ AL-AS’AD, - (2024) ANALISIS MANAJEMEN RISIKO RANTAI PASOK HALAL PADA RUMAH POTONG HEWAN DENGAN METODE SCOR DAN HOR (STUDI KASUS: RUMAH POTONG HEWAN - RUMINANSIA (RPH-R) KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR - FAIZ AL-AS'AD (12050212405).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV-V)
BAB IV -V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) Kota Pekanbaru dapat dikatakan sebagai fasilitas jasa yang bergerak dibidang pemotongan daging sapi. Daging sapi menjadi produk favorit yang dikonsumsi oleh konsumen. sehingga perlunya pengawasan dan pengelolaan dalam standar pemotongan daging sapi agar layak dan terjamin kehalalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen risiko rantai pasok halal dan upaya pencegahan risiko pada rumah potong. Metode yang digunakan supply chain operation reference (SCOR) untuk pemetaan aktivitas rantai pasok dan identifikasi faktor risiko kritis, serta house of risk (HOR) untuk analisis faktor risiko kritis, rancangan strategi penanganan, dan usulan mitigasi risiko. Hasil pengolahan data menunjukkan terdapat 34 risk event dan risk agent yang dapat menyebabkan tidak terjamin kehalalan. Hasil analisis dengan HOR fase 1 mengidentifikasi 17 risk agent prioritas, dengan 3 teratas yaitu A17, A20, dan A25. Rancangan strategi penanganan menghasilkan 17 usulan tindakan efektif, dengan 3 teratas PA1, PA2, dan PA3. Hasil HOR fase 2 memberikan usulan mitigasi risiko dengan nilai tertinggi pada PA2 dan terendah pada PA15. Penelitian ini memberikan rekomendasi mitigasi risiko untuk menjamin kehalalan proses pemotongan sapi di RPH-R Kota Pekanbaru sesuai dengan standar halal yang diterapkan. Kata Kunci: RPH-R, Halal, SCOR, HOR, Diagram Pareto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMELFA YOLA,, -2029067901melfa.yola@uin-suska.ac.id
Thesis advisorFITRA LESTARI NORHIZA,, -2016068501fitra.lestari@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:20
Last Modified: 26 Jun 2024 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79802

Actions (login required)

View Item View Item