Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI MORAL DALAM NOVEL BUKAN AKU YANG DIA INGINKAN KARYA SARI FATUL HUSNI SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMAN 02 RUMBIO JAYA

FITRI YANTI, - (2024) NILAI MORAL DALAM NOVEL BUKAN AKU YANG DIA INGINKAN KARYA SARI FATUL HUSNI SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMAN 02 RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)

Abstract

FITRI YANTI (2024) : NILAI MORAL DALAM NOVEL BUKAN AKU YANG DIA INGINKAN KARYA SARI FATUL HUSNI SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMAN 02 RUMBIO JAYA Nilai dipandang sebagai pedoman dalam hidup. Nurgiyantoro mengatakan bahwa moral adalah sesuatu yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca melalui karya – karyanya. Wujud dari nilai moral yaitu pertama nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri, kedua hubungan manusia dengan manusia lainnya, ketiga hubungan manusia dengan Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Bukan Aku yang Dia Inginkan karya Sari Fatul Husni serta implementasinya dalam pembelajaran Sastra di SMAN 02 Rumbio Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil keseluruhan dari analisis nilai-nilai moral terdapat 398 data yang teridentifikasi sebagai nilai-nilai moral. Diantaranya ; (1) hubungan manusia dengan dirinya sendiri 139 data yang terbagi menjadi ; kejujuran 12 data, kesabaran 18 data, rasa takut 17 data, kemandirian 6 data, tanggung jawab 15 data, pantang menyerah 13 data, menerima kenyataan 21 data, dan kerendahan hati 37 data. (2) hubungan manusia dengan manusia lainnya 203 data yang terbagi menjadi ; kasih sayang antar sesama 57 data, berbagi sesama 9 data, peduli sesama 94 data, saling membantu 28 data, dan bersikap positif 15 data. (3) hubungan manusia dengan Tuhan 56 data yang terbagi menjadi ; ibadah kepada Tuhan 17 data, berserah diri kepada Tuhan 13 data, berdoa kepada Tuhan 13 data, dan bersyukur kepada Tuhan 13 data. Nilai-nilai moral ini dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester 1 KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Kata kunci : Nilai Moral, Novel Bukan Aku yang Dia Inginkan, Implementasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:05
Last Modified: 24 Jun 2024 06:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79708

Actions (login required)

View Item View Item