Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TEKNIKAL SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM TRADING SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar Di Indeks LQ45 Periode Juni – Desember 2023)

Kely Fatma Bella, Kely (2024) ANALISIS TEKNIKAL SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM TRADING SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar Di Indeks LQ45 Periode Juni – Desember 2023). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasar modal menawarkan berbagai macam produk, salahsatunya yaitu saham. Dalam berinvestasi dan trading saham, investor dan trader harus mengetahui dan menganalisis saham sebagai dasar pengambilan keputusan. Salah satunya ialah menggunakan analisis teknikal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kapan keputusan yang tepat untuk jual dan beli saham sektor energi yang terdaftar di indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan analisis teknikal. Dalam analisis teknikal indikator yang digunakan antara lain Candlestick, Bollinger Bands, Moving Average Convergence Divergence (MACD), Relative Strength Index (RSI), Stochastic Oscillator (SO), dan Parabolic SAR. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan mengambil sampel dari perusahaan sektor energi LQ45 yang berjumlah 8. Penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Lokasi penelitian pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan software tradingview.com. Hasil penelitian menunjukkan pergerakan pola harga saham sektor energi LQ45 dengan menggunakan indikator candlestick sering berfluktuasi dan memiliki pola yangmana dapat mengetahui akan adanya pembalikan trend harga saham. Trend saham sektor energi LQ45 dengan menggunakan indikator Bollinger Bands menunjukkan bulan Juni – September rata – rata sahamnya uptrend lalu mengalami downtrend hingga akhir tahun. Alat analisis MACD memperlihatkan pembentukan dan perubahan trend pergerakan harga saham dan dapat menunjukkan kapan momen untuk jual dan beli saham. RSI dan SO memperlihatkan level overbought dan level oversold yang dapat membantu investor untuk kapan jual dan beli saham. Parabolic SAR dapat mengidentifikasi kemungkinan perubahan arah trend dan dapat menentukan kapan waktu jual dan beli saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLUSIAWATI, -2027057501lusiawati@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Investasi Saham, Trading Saham, Keputusan Investasi, Candlestick, Bollinger Bands, Moving Average Convergence Divergence, Relative Strength Index, Stochastic Oscillator, Parabolic SAR, Rekomendasi Saham.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:33
Last Modified: 21 Jun 2024 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79704

Actions (login required)

View Item View Item