PERANAN KEPOLISIAN DALAM MEMBERIKAN PENGAMANAN PADA ACARA HIBURAN YANG DISELENGGARAKAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSFEKTIF FIQH JINAYAH (Studi Kasus di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis)

Hendra, (2011) PERANAN KEPOLISIAN DALAM MEMBERIKAN PENGAMANAN PADA ACARA HIBURAN YANG DISELENGGARAKAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSFEKTIF FIQH JINAYAH (Studi Kasus di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011238.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh seringnya acara hiburan berakhir dengan kerusuhan sehingga sangat meresahkan masyarakat yang meyaksikan acara hiburan yang di selenggarakan, hingga menggugah pihak Kepolisian untuk mengatasi kerusuhan tersebut, yakni dengan melaksanakan tugas dan perananya sebagai kepolisian dan tugas tersebut juga di bantu oleh Pemerintah Desa dan Pemuka Masyarakat, Para Ulama, yang ikut berpartisipasi dalam mengatasi tindak kejahatan yang terjadi. Dalam penulisan skripsi ini penulis megangkat beberapa pokok permasalahan, yakni peranan dari pihak Kepolisian dalam memberikan pengamanan pada acara hiburan yang di selenggarakan oleh masyarakat Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, Respon Masyarakat Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Terhadap upaya Antisipasi yang di lakukan oleh pihak Kepolisian supaya tidak terjadi kerusuhan pada acara hiburan yang di selenggarakan oleh masyarakat, dan pandangan Fiqh jinayah terhadap peranan kepolisian dalam memberikan pengamanan pada acara hiburan yang di selenggarakan oleh masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, angket dan obsevasi sebagai data primer yang di himpun dari pihak Kepolisian Sektor Rupat dan masyarakat. Sedangkan data skunder adalah data yang di peroleh dari angket yang di sebarkan kepada masyarakat dan dari perpustakaan dengan cara memperhatikan dan mengkaji buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang di teliti. Setelah data tersebut di peroleh, lalu di analisa dengan menggunakan teknik deskriftif analitik. Melalui wawancara, angket dan observasi di lapangan dengan responden, di peroleh jawaban-jawaban bahwa Kepolisian Sektor Rupat di sini telah berperan dalam memberikan penggamanan pada acara hiburan yang di laksanakan oleh masyarakat, setelah di ketahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dalam pandangan fiqh jinayah dengan menampilkan Nas-Nas Al-qur’an dan Hadist untuk mempertegas kesimpulan yang di tarik. Dari uraian-uraian yang di sajikan dan dari berbagai tinjauan, maka penulis memperoleh bahwa kebijakan yang di buat oleh kepolisian sektor Rupat sudah baik dan menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepolisian, tetapi realita yang sering terjadi yaitu para masyarakat khususya pemuda yang melakukan, tindak kejahatan, di sebabkan oleh faktor pendidikan, keluarga dan pergaulan, sedangkan pihak kepolisian sebagai aparat penegak hukum sudah bertanggung jawab atas pemiliharaan keamanan, ketertiban masyarakat, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.272 Islam dan Ilmu Politik, Politik Islam, Fundamentalisme Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 13 Jan 2016 08:45
Last Modified: 13 Jan 2016 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item