YULIA RAMADANI, - (2024) PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Yulia Ramadani (2024): Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an terhadap Karakter Religius Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Qur’an Kampar Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap karakter religius siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Qur’an Kampar. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini menggunakan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 264 orang, dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah 40 orang. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an berpengaruh terhadap karakter religius siswa yang dibuktikan dengan nilai uji hipotesis thitung > ttabel, yaitu 6,654 > 2,024, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Besar pengaruh kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap karakter religius 53,8 %, termasuk dalam kategori sedang. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap karakter religius siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Kata Kunci: Kemampuan, Menghafal Al-Qur’an, Karakter Religius
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2024 06:36 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jun 2024 06:36 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79629 |
Actions (login required)
View Item |