Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA PELAYANAN PADA TRAVEL HAJI DAN UMRAH PT. INDO MITRA AL- HAROM (AL HAROM BINA HATI) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH DI KABUPATEN ROKAN HULU

Muhammad Dahnil, Dahnil (2024) UPAYA PELAYANAN PADA TRAVEL HAJI DAN UMRAH PT. INDO MITRA AL- HAROM (AL HAROM BINA HATI) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH DI KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya pelayanan yang dilakukan oleh Travel Haji dan Umrah PT. Indo Mitra Al Harom (Al Harom Bina Hati) dalam meningkatkan jumlah jamaah di Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT. Indo Mitra Al Harom. Informasi juga diperoleh melalui studi dokumentasi terkait strategi pemasaran dan layanan yang diberikan kepada jamaah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Indo Mitra Al Harom telah melakukan berbagai upaya pelayanan untuk meningkatkan jumlah jamaah di Kabupaten Rokan Hulu. Upaya-upaya ini meliputi promosi yang intensif melalui media sosial, kerjasama dengan lembaga agama dan komunitas lokal, serta penyediaan paket-paket perjalanan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan jamaah. Selain itu, pelayanan purna jual yang baik juga menjadi fokus perusahaan untuk mempertahankan kepuasan jamaah dan membangun reputasi yang baik. Meskipun telah dilakukan upaya-upaya tersebut, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh PT. Indo Mitra Al Harom, seperti persaingan yang ketat dengan travel lainnya, biaya yang tinggi terutama dalam masa pandemi, serta perubahan kebijakan dari pemerintah terkait perjalanan Haji dan Umrah. Oleh karena itu, perusahaan perlu terus melakukan evaluasi dan penyesuaian terhadap strategi pelayanan dan pemasaran guna meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar di Kabupaten Rokan Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD SOIM2022068304-
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Travel haji dan Umrah, Jumlah Jamaah.
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:35
Last Modified: 21 Jun 2024 06:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79616

Actions (login required)

View Item View Item