Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA PERTANIAN DALAM PENINGKATAN KEBERHASILAN PETANI DI KENAGARIAN AMPEK KOTO BARAT KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Jefni Mazura, Jefni (2024) PEMANFAATAN PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA PERTANIAN DALAM PENINGKATAN KEBERHASILAN PETANI DI KENAGARIAN AMPEK KOTO BARAT KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hadirnya teknologi tepat guna pertanian yang menyebabkan banyak perubahan dan memberikan manfaat yang yang terjadi dalam peningkatan keberhasilan pada masyarakat petani. Menurut inpres No 3 Tahun 2001 tentang Penerapan Dan Pembangunan Teknologi Tepat Guna terdapat tiga manfaat dari teknologi tepat guna, yaitu meningkatkan pendapatan, memberikan nilai tambah produk, dan perbaikan mutu. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan penerapan teknologi tepat guna pertanian dalam peningkatan keberhasilan masyarakat petani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan 2 informan kunci dan 5 informan pendukung dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan tahapan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. untuk mengukur keabsahan data dilakukan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manfaat teknologi tepat guna dalam peningkatan keberhasilan masyarakat yakni dalam meningkatkan pendapatan (jumlah produksi hasil dan kualitas pertumbuhan) berjalan sesuai dengan tujuan, hasil produksi yang meningkat dengan adanya teknologi. Memberikan nilai tambah produk (meningkatkan kualitas produk, proses produksi lebih terkontrol dan meningkatkan nilai jual produk) untuk harga jual tidak ada hubungan dengan teknologi, namun dengan teknologi kualitas produk meningkat sehingga dapat meningkatkan nilai jual. Serta perbaikan mutu (murah, mudah di akses dan kecepatan waktu), dengan teknologi perbandingan waktu yang digunakan sangat jauh efesien dan masyarakat mudah untuk meng akses teknologi yang digunakan dalam proses produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGinda Harahap, -2026036301ginda@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Manfaat teknologi tepat guna, keberhasilan petani
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:51
Last Modified: 20 Jun 2024 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79614

Actions (login required)

View Item View Item