Lilik Gusfa Dewi, Lilik (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan berkolaborasi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konversional pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru. Sedangkan sampel berjumlah 72 orang siswa. Teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan berkolaborasi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan menggunakan model konversional di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai rata-rata poss-test hasil angket kemampuan berkolaborasi kelas ekperimen sebesar 132.06 sedangkan kelas kontrol sebesar 124,42. Dengan demikin kemampuan berkolaborasi siswa yang menggunakan model TSTS lebih baik dari pada model konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Serta dilihat dari nilai Zhitung lebih besar dari Ztabel pada taraf signifikansi 5%, 2,56 > 1,96. Dengan demikian Ha diterima Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berkolaborasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, Two Stay Two Stray (TSTS), Kemampuan Berkolaborasi Siswa | ||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2024 02:58 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jun 2024 02:58 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79609 |
Actions (login required)
View Item |