Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Lilik Gusfa Dewi, Lilik (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan berkolaborasi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konversional pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru. Sedangkan sampel berjumlah 72 orang siswa. Teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan berkolaborasi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan menggunakan model konversional di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai rata-rata poss-test hasil angket kemampuan berkolaborasi kelas ekperimen sebesar 132.06 sedangkan kelas kontrol sebesar 124,42. Dengan demikin kemampuan berkolaborasi siswa yang menggunakan model TSTS lebih baik dari pada model konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Serta dilihat dari nilai Zhitung lebih besar dari Ztabel pada taraf signifikansi 5%, 2,56 > 1,96. Dengan demikian Ha diterima Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berkolaborasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZetri Rahmat, -2012079102zetri.rahmat@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, Two Stay Two Stray (TSTS), Kemampuan Berkolaborasi Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:58
Last Modified: 21 Jun 2024 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79609

Actions (login required)

View Item View Item