Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTEKSTUALISASI KECURANGAN PERSPEKTIF TAFSIR KONTEMPORER: KRITIK PENYALAHGUNAAN APLIKASI ChatGPT

Muhammad Farzin Assiddiq Asytar, - (2024) KONTEKSTUALISASI KECURANGAN PERSPEKTIF TAFSIR KONTEMPORER: KRITIK PENYALAHGUNAAN APLIKASI ChatGPT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)

Abstract

Pembahasan kecurangan sering kali dihubungkan dengan nilai-nilai agama, namun pemahaman umat muslim terhadap tafsir ayat-ayat tentang kecurangan masih perlu diperjelas. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendalami kajian kontekstualisasi kecurangan perspektif mufassir kontemporer menurut Q.S. alMuthaffifin ayat 1, al-Baqarah ayat 9, al-Furqon ayat 72, dan kritik penyalahgunaan ChatGPT sebagai sarana berbuat curang. Kitab tafsir yang digunakan ialah kitab Tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili Tafsir asy-Syrawi karya asy-Syarawi, dan al-Tahrir wa al-Tanwir karya Ibn Asyur. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kecurangan merupakan cara-cara manipulatif untuk mendapatkan hal yang diinginkan disebabkan oleh ketidakmampuannya. Perbuatan ini membawa konsekuensi berupa ancaman yang sangat serius dari Allah SWT. Para mufassir menekankan bahwa ayat-ayat tersebut relevan menjawab isu-isu kecurangan dalam bentuk apapun. Saat ini telah ditemukan beberapa kasus kecurangan yang melibatkan aplikasi ChatGPT di kalangan pelajar. Sebagian besar pelaku beralasan memiliki beban tugas yang menumpuk, merasa mampu mengelabui pengawasan, dan terbiasa mencari pembenaran atas tindakan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, enting untuk mengkritisi penyalahgunaan teknologi ChatGPT, dan memiliki sikap bertanggung jawab atas segala perbuatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNIXSON HUSIN, -1104057301nixson.husin@uin-suska.ac.id
Thesis advisorLUKMANUL HAKIM, -2002058901man89th@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:24
Last Modified: 21 Jun 2024 02:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79585

Actions (login required)

View Item View Item