Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PEKERJA KONTRAK DENGAN PERUSAHAAN PT.TENAGO TRIMINDO (Studi Kasus Di Desa Medang Kampai Kota Dumai )

ULAN PITRIYANI, - (2024) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PEKERJA KONTRAK DENGAN PERUSAHAAN PT.TENAGO TRIMINDO (Studi Kasus Di Desa Medang Kampai Kota Dumai ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ULAN PITRIYANI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ulan Pitriyani (2024): Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Perjanjian Kerjasama Antara Pekerja Kontrak Dengan Perusahaan PT.Tenago Trimindo (Studi Kasus Di Desa Medang Kampai Kota Dumai) Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh pelanggaran perjanjian kerjasama antara pekerja kontrak terhadap perusahaan PT.Tenago Trimindo, permasalahan dalam penelitian ini iyalah apa faktor terjadinya pelanggaran perjanjian antara pekerja kontrak terhadap Perusahaan PT.Tenago Trimindo, dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap perjanjian kerjasama antara pekerja kontrak terhadap perusahaan PT.Tenago Trimindo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor terjadinya pelanggaran perjanjian antara pekerja kontrak terhadap perusahaan PT.Tenago Trimindo, dan untuk mengetahui tinjauan Fiqh Muamalah terhadap perjanjian kerjasama antara pekerja kontrak dengan perusahaan PT.Tenago Trimindo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research) yang dilakukan di perusahaan PT.Tenago Trimindo. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan data primer yaitu melalui wawancara langsung terhadap pihak yang bersangkutan, data sekunder berupa buku, karya ilmiah, dokumen, dan data tersier merupakan bahan atau data penunjang yang memberikan penjelasan terhadap data primer dan data sekunder. Metode analisis data berupa metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjanjian kerja sama di PT. Tenago Trimindo belum sepenuhnya sesuai dengan kesepakatan. Perusahaan seharusnya membayar gaji pekerja tepat waktu, namun terdapat beberapa pekerja yang mengalami keterlambatan. Faktor penyebab pelanggaran ini termasuk keterlambatan pembayaran gaji pokok, tekanan kerja yang tinggi, dan tidak terpenuhinya hak-hak pekerja. Menurut tinjauan Fiqh Muamalah, perjanjian kerja sama antara pekerja kontrak dengan PT. Tenago Trimindo juga belum sesuai dengan prinsip-prinsip Fiqh Muamalah. Hal ini disebabkan karena gaji/upah yang diterima oleh pekerja tidak sesuai dengan yang telah diperjanjikan, sehingga pekerja kontrak merasa dirugikan. Meskipun demikian, pihak perusahaan tetap berupaya untuk membayar gaji pekerja/buruh sesuai dengan pekerjaan yang telah dilakukan, namun seringkali tidak tepat waktu. Hadis dari Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma yang diriwayatkan oleh Bukhari menyatakan: "Setiap yang memiliki hak, berhak mendapatkan haknya." (HR. Bukhari). Hadis ini menekankan pentingnya memenuhi hak-hak setiap individu, termasuk hak pekerja untuk menerima gaji yang tepat waktu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Kata Kunci : Fiqh Muamalah, Perjanjian, Kerja kontrak, PT.Tenago Trimindo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZULFAHMI NUR2001017101zulfahmi.nur@uin-suska.ac.id
Thesis advisorADE FARIZ FAHRULLAH2012116701,ade.fariz.fahrullah@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.14 Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:44
Last Modified: 20 Jun 2024 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79581

Actions (login required)

View Item View Item