EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WEBSITE DALAM MENUNJANG KINERJA PUBLIC RELATIONS DI HOTEL ARYADUTA PEKANBARU

Krisniar Tuti.E, (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WEBSITE DALAM MENUNJANG KINERJA PUBLIC RELATIONS DI HOTEL ARYADUTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201207KOM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daerah operasi Hotel Aryaduta yang begitu luas dan tersebar di beberapa tempat, menuntut adanya media yang mampu menjaga hubungan komunikasi yang baik antara manajemen dengan karyawan ataupun komunikasi antara karyawan dengan karyawan agar bisa berjalan dengan lancar. Kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi telah menjawab kebutuhan Hotel Aryaduta tersebut. Kehadiran teknologi internet yang mulai marak pada tahun 1995 menjadi pilihan bagi Hotel Aryaduta untuk menjadikannya sebagai media komunikasi dan informasi yang bersifat Two Ways Communications dan mampu menjangkau publik internal Hotel Aryaduta diberbagai daerah dengan menggunakan fasilitas website perusahaan. Kehadiran website perusahaan juga telah merubah cara Hotel Aryaduta dijalankan, sehingga hal ini menimbulkan satu ketertarikan bagi penulis untuk meneliti lebih jauh tentang efektivitas penggunaan website dalam menunjang kinerja PR. Dengan harapan penelitian ini nantinya dapat dijadikan referensi bagi perusahaan lain dalam menentukan media PR yang efektif yang akan digunakan perusahaannya. Ketertarikan tersebut penulis rangkum dalam satu pertanyaan yang sekaligus menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu ‘Apakah penggunaan website ini benar-benar efektif dalam menunjang kinerja PR Hotel Aryaduta?’ Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dengan menggunakan metode pengambilan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan metode pengambilan sampel dari 6 orang jumlah populasi keseluruhan, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Maka hasil penelitian tersebut sesuai dengan teori IT (Information Technology) yang dikemukakan oleh Goodhue dan Thompson (1995) yaitu teori task-technology fit yang mengatakan bahwa kemampuan teknologi untuk mendukung pekerjaan. Juga didukung dengan konsep e-PR yang dikemukakan oleh Onggo (2004), yaitu inisiatif Public Relations (PR) yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitas. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan website sangat efektif dalam menunjang kinerja para praktisi internal PR Hotel Aryaduta. Hal ini dapat dilihat dari kemudahan-kemudahan yang dapat dilakukan praktisi PR melalui website, seperti: mengirim press realease melalui website, melakukan rapat internal dengan publik diberbagai daerah dengan system net metting, menerbitkan news release sebagai media informasi perusahaan melalui website tanpa harus dicetak lagi, dan yang terpenting dengan cepat dan murah serta mampu menjangkau publik internal PR di berbagai daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 23 Sep 2016 12:21
Last Modified: 23 Sep 2016 12:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7954

Actions (login required)

View Item View Item