Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SDN 164 PEKANBARU

WINA IHWANI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SDN 164 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINA IHWANI.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Wina Ihwani, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN 164 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V SDN 164 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru dan 33 orang siswa di kelas 5C. Objek dalam penelitian ini adalah medel pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan obsevasi,tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan hanya mencapai 52,7 dengan kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan data pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 72,6. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 84,2. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS dapat meningkat kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SDN 164 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIMI HARIYANI2013058501mimi.hariyani@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:23
Last Modified: 20 Jun 2024 05:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79532

Actions (login required)

View Item View Item