FAJRI FAHREZA AZETA, -
(2024)
PERANCANGAN USER INTERFACE PADA GAME EDUKASI BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING.
Jurnal Computer Science and Information Technology (CoSciTech), 4 (3).
pp. 599-608.
ISSN e-ISSN: 2723-5661
Abstract
Teknologi berkembang cepat, memberikan kenyamanan akses informasi, dan memicu minat terhadap perkembangan teknologi. Pertumbuhan teknologi memengaruhi pembelajaran anak-anak integrasi teknologi menciptakan pengalaman pembelajaran baru dan menyenangkan, khususnya dalam pendidikan usia dini. Penggunaan smartphone sebagai inovasi media pembelajaran menawarkan interaktivitas dan daya tarik. Dalam pengembangan game, perhatian pada User Interface (UI) menjadi krusial untuk memastikan pengalaman bermain yang sesuai dan mendukung keseluruhan pengalaman game. Metodologi penelitian yang
digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode "Design Thinking", metode ini menggunakan proses memadukan cara berpikir dan teknik desainer untuk memenuhi kebutuhan untuk menemukan jalan keluar dan mencari solusi alternatif. Pengambilan sampel dilakukan secara sengaja dari responden yang memiliki kriteria yang sesuai dengan penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak-anak dalam pengenalan Bahasa Arab. Setelah ada pertanyaan responden yang terdiri dari 16 orang dari latar belakang masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa yang mewakili Hasil perhitungan System Usability Scale terdapat hasil perhtungan interpretasi rata-rata Skor SUS yaitu 76,09375. Sehingga prototype desain User Interface dari “Game Edukasi Bahasa Arab” termasuk dalam sekala Good.Berdasarkan hasil dari peneltian, disimpulkan User Interface telah menyelesaikan desain metode Design Thinking dengan game Edukasi Bahasa Arab agar lebih menarik dan lebih mudah digunakan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan pengalaman bermain yang menarik kepada pengguna.
Actions (login required)
|
View Item |