Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUKUM MEMBACA AL-QUR'AN DI KUBURAN (STUDI KOMPARATIF IMAM SYAMSUDDIN MUHAMMAD AR-RAMLI DAN SYEKH ABDULLAH MUHAMMAD AL-KHARASYI)

KAILA PUTRI ANANDA, - (2024) HUKUM MEMBACA AL-QUR'AN DI KUBURAN (STUDI KOMPARATIF IMAM SYAMSUDDIN MUHAMMAD AR-RAMLI DAN SYEKH ABDULLAH MUHAMMAD AL-KHARASYI). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

ABSTRAK Kaila Putri Ananda (2024): Hukum Membaca Al-Qur'an di Kuburan Studi Komparatif Imam Syamsuddin Muhammad Ar-Ramli dan Syekh Abdullah Muhammad Al-Kharasyi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan pendapat antara Imam Syamsuddin Muhammad Ar-Ramli dan Syekh Abdullah Muhammad Al-Kharasyi tentang hukum membaca Al-Qur'an di Kuburan. Dalam penulisan skripsi ini penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: Pertama, Bagaimana pendapat dan dalil yang digunakan oleh imam Syamsuddin Muhammad Ar-Ramli tentang hukum membaca Al-Qur'an di kuburan. Kedua, Bagaimana pendapat dan dalil yang digunakan oleh Syekh Muhammad bin Abdullah Al-Kharasyi tentang hukum membaca Al-Qur'an di kuburan. Ketiga, Bagaimana analisis fiqh muqaran. Penelitian ini berbentuk studi kepustakaan (library research). Sumber yang dipakai meliputi sumber primer yaitu : kitab Nihayatul Muhtaj karya imam Syamsuddin Muhammad Ar-Ramli, dan Syarh Mukhtashar Khalil karya Syekh Muhammad bin Abdullah Al-Kharasyi dan sumber sekunder yaitu buku-buku terkait pembahasan pada penelitian ini. Pembahasan dan analisis menggunakan metode deskriptif (Penjelasan) dan komparatif (perbandingan). Hasil penelitian ini membandingan dua pendapat ulama fiqh yang berbeda yaitu antara Imam Syamsuddin Muhammad Ar-Ramli dan Syekh Abdullah Muhammad Al-Kharasyi tentang hukum membaca Al-Qur'an di kuburan. Imam Syamsuddin Muhammad Ar-Ramli berpendapat bahwa ketika ziarah kubur hendaknya mengucapkan salam dan berdoa untuk ahli kubur serta disunnahkan (dianjurkan) untuk membaca yang mudah dari Al-Qur'an karena yang lebih dekat dikabulkan, sedangkan pendapat Syekh Abdullah Muhammad Al-Kharasyi bahwa memakhruhkan untuk membaca Al-Qur'an di kuburan karena tidak disyariatkan amalan dari ulama terdahulu. Pendapat yang relavan dalam penelitian ini adalah pendapat Imam Syamsuddin Muhammad Ar-Ramli. Kata Kunci: Al-Qur'an, Kuburan, Membaca, Imam Ar-Ramli, Syekh Al-Kharasyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorERMAN2001017102ermangani@uin-suska.ac.id
Thesis advisorISMARDI2008037202basir@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.14 Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:30
Last Modified: 20 Jun 2024 01:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79475

Actions (login required)

View Item View Item