Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PENGUNGKAPAN EKSISTENSI DIRI (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU)

DIELLA HANDAYANI, - (2024) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PENGUNGKAPAN EKSISTENSI DIRI (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB V.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media sosial seperti Instagram sering kali mengubah cara kita berkomunikasi dan memperlihatkan diri. Banyak yang cenderung membanggakan diri secara berlebihan, menampilkan momen – momen terbaik mereka untuk mendapat perhatian. Postingan yang terlalu sering bahkan bisa melibatkan privasi pribadi. Ini menciptakan tantangan dalam memahami keaslian dari apa yang dilihat secara online. Penting untuk tetap sadar akan dampaknya dan membatasi apa yang kita bagikan untuk menjaga keseimbangan dan keaslian diri kita. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Pengungkapan Eksistensi Diri (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumntasi. Teori yang digunakan teori Dramaturgi dari Erving Goffman. Didalam teori Dramaturgi, terdapat konsep front stage (panggung depan) dan back stage (panggung belakang). Penelitian ini berjumlah 7 Informan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUSKA RIAU Angkatan 2020. Hasil penelitian ini sesuai dengan Teori Dramaturgi Erving Goffman dimana terdapat perbedaan pengguna panggung depan dan panggung belakang. Dalam penggunaan media sosial Instagram melalui panggung depan digunakan sebagai media pengungkapan eksistensi diri dan personal branding bagi informan. Sedangkan penggunaan media sosial Instagram melalui panggung belakang, dari seluruh informan terdapat realita para informan yang hanya dapat diketahui orang – orang terdekat saja. Hampir seluruh informan menyembunyikan dirinya pada panggung belakang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuardi2012097801suardi@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:11
Last Modified: 19 Jun 2024 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79442

Actions (login required)

View Item View Item