PENGARUH MEDIA INTERNET DI SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Sumarni, (2012) PENGARUH MEDIA INTERNET DI SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201280.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Media Internet di Sekolah(variabel bebas/independen atau variabel X) dan Minat Belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara media Internet di Sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Jurusan IPS SMA negeri 1 Bangkinang. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media internet di sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 1 Bangkinang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Bangkinang, sedangkan objeknya adalah pengaruh Media Internet di Sekolah terhadap minat belajar siswa. Populasinya adalah 128 orang siswa, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 50% dari jumlah populasi dengan tekhnik random sampling (acak). Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian Regresi yang kedua variabelnya bersifat ordinal, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik Regresi linear sederhana menggunakan SPSS dengan rumus: Y= a + bx Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media internet di sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Bangkinang, hasil analisis Regresi Linear sederhana yaitu Y= 21,632 + 0,693 yang artinya bahwa setiap kali variabel X (media Internet di sekolah) bertambah satu, maka rata-rata variabel Y (minat belajar siswa ) bertambah 0,693 dan bila variabel X tetap maka variabel Y akan naik sebesar 21,632.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Sep 2016 07:36
Last Modified: 22 Sep 2016 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7943

Actions (login required)

View Item View Item