Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN POS BANTUAN HUKUM DALAM PEMBERIAN BANTUAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT GOLONGAN TIDAK MAMPU PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi Kasus di Pengadilan Agama Selat Panjang )

MUHAMAD ZAKA KHAIRUL FATA, - (2024) PERAN POS BANTUAN HUKUM DALAM PEMBERIAN BANTUAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT GOLONGAN TIDAK MAMPU PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi Kasus di Pengadilan Agama Selat Panjang ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMAD ZAKA KHAIRUL FATA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Zaka Khairul Fata (2024) : Peran Pos Bantuan Hukum Dalam Pemberian Bantuan Hukum Terhadap Masyarakat Golongan Tidak Mampu Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Pengadilan Agama Selat Panjang) Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama merupakan penerapan dari Perma No 1 Tahun 2014 tentang pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu, maka dari itu Pengadilan Agama Selat Panjang juga mendirikan Posbakum ini untuk membantu masyarakat yang tidak mampu, pada skripsi ini memfokuskan kepada 2 permasalahan yaitu bagaimana pelaksanaan Posbakum di Pengadilan Agama Selat Panjang dan Bagaimana pandangan Hukum Islam mengenai adanya Posbakum. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan objek penelitian 4 orang Masyarakat yang tidak mengetahui adanya Posbakum, 2 orang yang mengetahui adanya Posbakum, Ketua Pengadilan Agama Selat Panjang, Panitera dan Staff Posbakum yang ada di pengadilan Agama Selat Panjang. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif (penyajian data penelitian dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Posbakum di Pengadilan Agama Selat Panjang sudah sesuai dengan apa yang tertulis di Perma No 1 tahun 2014 tentang pemberian layanan bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu, dan pandangan hukum islam, Allah sangat menganjurkan kita untuk saling tolong menolong apabila mengalami kesulitan dan Posbakum di Pengadilan Agama termasuk dalam tolong menolong dalam Berperkara bagi masyarakat yang mengalami kesulitan. Kata Kunci : Pos Bantuan Hukum, Bantuan Hukum, Masyarakat Golongan Tidak Mampu, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAFRIZAL AHMAD2020057403afrizalahmad74@gmail.com
Thesis advisorHENRIZAL HADI WAHAB2015077505hzhw2019@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:07
Last Modified: 14 Jun 2024 07:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79412

Actions (login required)

View Item View Item