Harni (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI SASTRA ANAK MATERI CERITA RAKYAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUIZ ASK EFFECTIVE AND ANSWER EFFECTIVE PADA MURID KELAS V SD N 077 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012236.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia SD merupakan pembelajaran yang paling utama karena dengan bahasalah murid dapat menimba ilmu pengetahuan, teknologi, seni, serta informasi dari pendidik. Mencermati hal itu maka guru sebagai pelaksana dan pengelola pembelajaran di sekolah, dituntut untuk dapat mer ancang, melaksanakan dan mengevaluasi aspek-aspek yang tercakup dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 077 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar masih terdapat beberapa gejala-gejala, yaitu : Hanya 7 orang dari 30 murid yang mampu mengungkapkan kesan bagian yang menarik dari cerita rakyat yang dibaca. 2) Sebagian besar murid kurang dapat merespon, menanggapi dan menikmatinya dengan penuh semangat saat Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak melalui cerita rakyat. 3) Sulitnya murid mengumpulkan isi sebuah cerita rakyat, hal ini terlihat apabila diminta untuk mengumpulkan isi sebuah cerita rakyat hanya 5-8 orang yang dapat mengumpulkan isi sebuah cerita rakyat. 4) Dari 30 murid, hanya 14 murid atau 58.3% yang memperoleh nilai sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah, yakni minimal nilai 70. Untuk meningkat kemampuan siswa dalam Mengapresiasi Sastra Anak Materi Cerita Rakyat adalah dengan menerapkan pembelajaran Quiz Ask Effective and Answer Ef Effective. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana peningkatan kemampuan mengapresiasi Sastra anak, materi cerita rakyat melalui pembelajaran Quiz Ask Effective and Answer Effective murid kelas V SDN 077 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar?. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kuis tanya tepat dan jawab tepat meningkatkan kemampuan, Sedangkan subjek penelitian ini adalah Murid Kelas V SDN 077 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah murid sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kemampuan Mengapresiasi Sastra Anak sebelum tindakan diperoleh rata-rata klasikal 69.5, terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 77,4 Sedangkan peningkatan juga terjadi pada siklus II dengan rata-rata klasikal 86,3. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan melalui penerapan pembelajaran-pembelajaran Quiz Ask Effective and Answer Effective, maka hipotesis tindakan yang telah diajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 07:31 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 07:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7941 |
Actions (login required)
View Item |