Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI SISWA SMAS ISLAM BOARDING SCHOOL RAUDHATUL JANNAH KOTA PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT

RAFI KURNIA RAMADHAN, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI SISWA SMAS ISLAM BOARDING SCHOOL RAUDHATUL JANNAH KOTA PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB V RAFI KURNIA RAADHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V RAFI KURNIA RAADHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Rafi Kurnia Ramadhan Nim : 12040312732 Judul : Pengaruh Penggunaan Game Online Mobile Legends Terhadap Etika Komunikasi Siswa Smas Islam Boarding School Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh Sumatera Barat Mobile Legend merupakan salah satu game online yang dimainkan melalui ponsel dan sangat mudah untuk didapatkan. Penggunaan Game Online Mobile Legend secara berlebihan dapat membuat ketagihan. Kecanduan Game Online Mobile Legend, membuat siswa menjadi pendiam dan menarik diri, kemudian timbul emosi yang berlebihan sehingga memerlukan pengawasan dan pengendalian agar tidak mengganggu kesehatan mental. Selain itu dapat merusak etika komunikasi yang terdiri dari menjaga ucapan,sopan santun dan saling menghargai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif. Penelitian ini Menggunakan Teori Stimulus Organism Respon (S-O-R). Stimulus dalam penelitian ini yaitu penggunaan Game Online Mobile Legend, sedangkan yang berperan sebagai Organismnya yaitu siswa yang bermain game online dan yang berperan sebagai responnya yaitu etika komunikasi. Dalam penelitian ini, responden terdiri dari 60 orang yang keseluruhannya adalah laki-laki . Data dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif nilai thitung 9,946 lebih besar jika dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,002, dengan tingkat signifikansi 0,001 lebih kecil dari α 0,05 yang artinya ada pengaruh antara penggunaan Game Online Mobile Legend terhadap etika komunikasi siswa SMAS Islam Boarding School Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh Sumatera Barat. Maka, artinya Ha diterima Ho ditolak. besarnya pengaruh yang diperoleh yaitu 0,630 yang artinya bahwa pengaruh antara penggunaan Game Online Mobile Legends terhadap etika komunikasi siswa SMAS Islam Boarding School Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh Sumatera Barat berpengaruh sebesar 63% sedangkan sebesar 37% lagi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini. Kata Kunci : Game Online, Mobile Legend, Etika Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTONI HARTONO, -2005067801UNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:44
Last Modified: 14 Jun 2024 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79409

Actions (login required)

View Item View Item