Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI POSITIF PADA ANAK DI SENTRA ABISEKA PEKANBARU

FITRI AYU, - (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI POSITIF PADA ANAK DI SENTRA ABISEKA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB V FITRI AYU.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V FITRI AYU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Ayu (2024): Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Talk Terhadap Peningkatan Konsep Diri Positif pada Anak di Sentra Abiseka Pekanbaru Konsep diri seseorang akan tergambarkan dari hal-hal yang berkaitan dengan diri individu itu sendiri. Pandangan terhadap diri sendiri, hasil evaluasi diri, serta harapan terhadap diri sendiri akan membentuk konsep diri individu. Konsep diri yang positif kemudian akan membentuk perilaku dan interaksi yang positif dalam kehidupan. Banyak beberapa faktor yang menjadikan konsep diri positif itu rendah dikarenakan pikiran negatif terhadap dirinya sendiri, seperti merasa dirinya tidak berguna dan berharga, merasa rendah diri, merasa tidak percaya terhadap diri dan segala macam kritik terhadap dirinya sendiri sehingga malah menyebabkan suatu masalah pada dirinya tersebut. Bimbingan kelompok dengan teknik self talk ini dapat memberikan pengaruh yang cukup besar kepada anggota kelompok. Dimana dalam bimbingan kelompok dengan teknik self talk individu dapat melakukan pembicaraan positif dengan dirinya sendiri sehari – sehari kemudian mengulangi pernyataan – pernyataan yang dianggap berguna dan suportif untuk melakukan suatu perbuatan tertentu atau menghindari suatu perilaku tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self talk terhadap peningkatan konsep diri positif pada anak di Sentra Abiseka Pekanbaru. Total sampel pada penelitian ini adalah 8 orang dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif pre-eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest dan pengolahan data dibantu dengan SPSS (Statistical Product and Service Solution) 23.0 for windows. Data hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan konsep diri positif pada anak setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik self talk. Hal ini dapat dilihat dari hasil menggunakan uji Paired Sample T-Test nilai sig (2-failed) sebesar 0, 000 < 0,05, dengan demikian Ho ditolak Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan bimbingan kelompok dengan teknik self talk terhadap peningkatan konsep diri positif pada anak di Sentra Abiseka Pekanbaru. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Self Talk, Konsep Diri positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorREIZKI MAHARANI, -2022059302,UNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:07
Last Modified: 14 Jun 2024 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79401

Actions (login required)

View Item View Item