PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENYULINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI PERUBAHAN KENAMPAKKAN BENDA LANGIT KELAS IV SDN 019 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Yusrizal, (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENYULINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI PERUBAHAN KENAMPAKKAN BENDA LANGIT KELAS IV SDN 019 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012231.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Sains. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Sains melalui penerapan strategi pembelajaran penyulingan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Langgini Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Semester II tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Sedangkan objek dalam penelitan ini adalah meningkatkan hasil belajar melalui penerapan strategi pembelajaran penyulingan pada mata pelajaran sains. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 019 Langgini Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Adapun waktu penelitian ini bulan Januari sampai dengan Maret 2011. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Sains. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Strategi pembelajaran penyulingan dapat meningkatkan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 42% dengan kategori sedang. Pada siklus I hasil belajar siswa telah mencapai 62%, meskipun belum mencapai ketuntasan individu maupun kelompok, namun setelah adanya tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dari 42% menjadi 62%. Setelah adanya perbaikan-perbaikan terhadap aktifitas guru dan siswa pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai cukup memuaskan dengan mencapai 88%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Sains dengan penerapan strategi penyulingan dapat dikatakan berhasil, dengan ketuntasan klasikal mencapai 88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Sep 2016 07:22
Last Modified: 22 Sep 2016 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7937

Actions (login required)

View Item View Item