Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH IKLAN ROKOK DI TELEVISI RCTI TERHADAP PRILAKU MEMBELI PADA REMAJA RT 01 RW 01 DESA SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Rizki Hidayat (2012) PENGARUH IKLAN ROKOK DI TELEVISI RCTI TERHADAP PRILAKU MEMBELI PADA REMAJA RT 01 RW 01 DESA SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201203KOM.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PENGARUH IKLAN ROKOK DI TELEVISI RCTI TERHADAP PRILAKU MEMBELI PADA REMAJA RT01 RW01 DESA SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMAPAR”. Televisi merupakan media ideal untuk mengiklankan barang-barang yang selalu digunakan setiap hari, misalnya produk makanan, kosmetik, obat, dan sebagainya. Walaupun iklan televisi merupakan iklan yang palimg mahal diantara lainnya, karena biaya pembuatan iklan dan biaya penayangannya yang besar, namun daya jangkaunya yang luas maka biaya iklan televisi justru yang paling murah diantara media lainnya, jika melihat dari sejumlah orang yang dapat dijangkaunya. Televisi merupakan media iklan yang paling ampuh dari pada lainnya karena dapat menunjukkan cara bekerjanya suatu produk pada saat produk itu digunakan Iklan rokok merupakan salah satu iklan yang ditayangkan dimedia televisi, iklan rokok berbeda dengan iklan lainnya dimana iklan rokok tidak boleh menyajikan kemasan rokok utuh seperti memperlihatkan produknya dan tidak boleh terang-terangan mengajak atau membujuk seseorang untuk merokok, juga harus menyantumkan peringatan yang berisi informasi tentang bahaya resiko dan bahaya merokok secara mencolok, iklan rokok memiliki tampilan menonjol dibandingkan produk iklan lainnya. Hal ini terlihat dari mereknya iklan rokok yang muncul sekarang dengan mengedepankan kreatifitas kata dan menimalisir aspek visual dalam iklan. Penelitian ini dilakukan di desa siabu khusunya pada RT01 RW01. Berdasarkan data yang penulis dapatkan dilapangan remaja RT 01 RW01 suka menonton Program televisi RCTI karena programnya yang menarik. Dari hasil penyajian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa pada variabel iklan rokok ( X ), nilai t hitung 2,673. Nilai ini lebih besar dari t tabel yaitu 2,01sehingga secara statistik variabel iklan rokok berpengaruh secara signifikan terhadap prilaku membeli. Dari pengolahan data regresi, khususnya tabek coefificientsa diperoleh t hitung = 2,673> t tabel = 2,01artinya ada pengaruh signifikan antara pengaruh iklan rokok terhadap prilaku membeli. Dari pengolahan data regresi, khususnya tabel Model Summary yaitu R Squere ( koefisien determinasi ) bahwa pengaruh iklan rokok terhadap prilaku membeli mempunyai pengaruh sebesar 12,7%. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah remaja di desa siabu kecamatan salo RT01 RW 01 yang berjumlah 51 orang remaj. Adapun teknik pengambilan sampel, Arikunto ( 2005:120 ) mengemukakan bahwa : apabila subjek kurang dari 100, maka lebih baik diambil semua, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. (Ridwan, 2009 : 95 ) untuk pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik angket dan dokumentasi dan analisa data yaitu teknik analisis data secara statitistik ( Metode penelitian Kuantitatif ) dengan menggunakan program SPSS Regresi sederhana untuk melihat pengaruh iklan rokok terhadap prilaku membeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 22 Sep 2016 07:14
Last Modified: 22 Sep 2016 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7936

Actions (login required)

View Item View Item