Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MOTIVASI DALAM KONTEN INSTASTORY INSTAGRAM @ridwankamil (PERIODE 24 SEPTEMBER – 03 OKTOBER 2023 )

RIZKA AULIA TRISNA, - (2024) ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MOTIVASI DALAM KONTEN INSTASTORY INSTAGRAM @ridwankamil (PERIODE 24 SEPTEMBER – 03 OKTOBER 2023 ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Rizka Aulia Trisna Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Analisis Semiotika Pesan Motivasi Dalam Konten Instastory Instagram @ridwankamil (Periode 24 September – 03 Oktober 2023) Instastory digunakan sebagai salah satu platform untuk menyebarkan pesan motivasi oleh akun @ridwankamil. Konten akun tersebut banyak memberikan pemahaman tentang motivasi bagi pengikut akun tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pesan motivasi dalam konten Instastory Instagram @ridwankamil. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis Semiotika Model Roland Barthes, terdapat dua jenis penandaan yaitu denotasi dan konotasi. Penelitian ini menggunakan teori motivasi Abraham Maslow guna untuk menyatukan interpretasi akan pengertian motivasi tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan konten Instastory @ridwankamil tentang pesan motivasi memiliki makna dan masing-masing konten termasuk ke dalam lima tingkatan kebutuhan, yaitu kebutuhan fisiologis dalam postingan pada tahap makna semiotika menjelaskan kehidupan yang panjang membutuhkan fisik yang kuat. Kemudian kebutuhan rasa aman pada konten menjelaskan manusia hidup dengan kerjasama dan menghargai perbedaan sesama dalam meningkatkan kinerja, kebutuhan kebersamaan pada konten menunjukkan manusia tidak hanya berlomba-lomba dalam sebuah kekuasaan melainkan mampu menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Kebutuhan harga diri, menunjukkan hubungan individu dengan orang lain dan yang terakhir adalah kebutuhan aktualisasi diri pada postingan Instastory @ridwankamil bahwa kebutuhan ini menghargai waktu sekarang dan masa depan melibatkan kesadaran akan pentingnya menjalani hidup dengan penuh kesadaran dan tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDDEWI SUKARTIK2014098101dewy.soekartik@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:24
Last Modified: 13 Jun 2024 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79358

Actions (login required)

View Item View Item