Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN UNSUR HARA MAKRO PADA KASCING DARI BERBAGAI JENIS LIMBAH ORGANIK MENGGUNAKAN CACING Lumbricus rubellus Hoftmeister

SEVTI ANOGRAHINI, - (2024) KANDUNGAN UNSUR HARA MAKRO PADA KASCING DARI BERBAGAI JENIS LIMBAH ORGANIK MENGGUNAKAN CACING Lumbricus rubellus Hoftmeister. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)

Abstract

KANDUNGAN UNSUR HARA MAKRO PADA KASCING DARI BERBAGAI JENIS LIMBAH ORGANIK MENGGUNAKAN CACING Lumbricus rubellus Hoftmeister Sevti Anograhini (12080220916) Di bawah Bimbingan Ervina Aryanti dan Ahmad Taufiq Arminudin INTISARI Pengolahan limbah di Provinsi Riau belum terkendali secara maksimal. Sumber limbah ini berasal dari rumah tangga, pasar , perniagaan, fasilitas publik, dan industri. Limbah yang berasal dari industri lebih sering dibuang secara sembarangan sehingga menyebabkan penumpukan. Adapun cara pengolahan limbah industri ini salah satunya dengan cara pengomposan. Ada banyak cara pengomposan salah satunya dengan cara vermicompost yang mengasilkan kascing sebagai pupuk organik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis limbah organik terbaik terhadap kandungan unsur hara kascing sesuai dengan SNI 19-7030-2004. Penelitian ini sudah dilaksanakan di rumah kompos Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syraif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap satu faktor dengan perlakuan limbah ampas tahu, limbah ampas sagu, limbah ampas kelapa, dan limbah rumah tangga. Hasil penelitian ini yaitu kascing yang berasal dari berbagai limbah organik memiliki kandungan P-tersedia, K-total, dan pH yang dapat memenuhi SNI 19-7030-2004, kecuali kandungan N-total yang masih dalam kategori rendah. Bobot cacing Lumbricus rubellus berkurang dari jumlah awal 200 gram yang dipanen setelah 30 hari. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa Kascing dengan perlakuan limbah ampas tahu merupakan perlakuan terbaik, dimana kandungan unsur hara makro nitrogen, kalium, fosfor, dan pH kascing yang telah memenuhi SNI 19-7030-2004. Kata Kunci: hara makro, limbah organik, Lumbricus rubellus, kascing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorERVINA ARYANTI, -2019067501ernahadid@gmail.com
Thesis advisorAHMAD TAUFIQ ARMINUDIN, -2008057701arminudin@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:53
Last Modified: 12 Jun 2024 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79349

Actions (login required)

View Item View Item