Khairul Amin, - (2024) Reward dan Punishment dalam Pendidikan Islam Prespektif Al-Qur’an, Disertasi, Program Pascasarjan UIN Suska Riau. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV WTR.pdf Download (27MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN WTR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Khairul Amin, 2023, Reward dan Punishment dalam Pendidikan Islam Prespektif Al-Qur’an, Disertasi, Program Pascasarjan UIN Suska Riau Reward dan punishment adalah jenis strategi pembelajaran yang dapat diapliksikan dalam pendidikan. Penggunaan Reward dan punishment akan menunjang kelancaran proses pendidikan jika sesuai dengan aturannya. Namun terdapat gejala yang menunjukkan kurang fahamnya pendidik dalam menerapkan strategi ini. Penelitian merupakan penelitian kepustakaan. Untuk menemukan konsep reward dan punishment perspektif Al-Quran serta aplikasinya pada strategi dan metode pembelajaran. Hasil penelitian ini telah menemukan: Pertama, konsep reward dan punishment terdapat dalam banyak ayat-ayat Al-Quran pada surat yang berbeda. Term dalam Al-Quran tentang reward adalah pada kata tsawaab, ‘ajr, targhiib, dan jazaa’, sedangkan term punishment adalah iqaab, adzaab, hudud, rijz, dan tarhiib. Kedua, strategi reward perspektif Al-Qur’an pada pendidikan Islam adalah: (a) Reward untuk membangkitkan semangat, (b) Reward dalam bentuk materi untuk apresiasi kerja keras siswa, (c) Reward dalam bentuk motivasi dalam proses pencapaian tujuan, dan (d) Reward bukan hanya kehidupan akhirat, tetapi juga mencakup kehidupan dunia. Sedangkan strategi punishment prespektif Al-Qur’an pada pendidikan Islam adalah (a) Punishment bertahap, (b) Adil dalam memberikan punishment, (c) Tidak berkata kasar saat memberikan punishment, dan (d) Punishment bertujuan untuk memperbaiki. Ketiga, metode reward pespektif Al-Quran dalam proses pembelajaran adalah (a) Mendoakan peserta didik, (b) Memberikan pujian, (c) Memberikan kemudahan, (d) Memberikan kasih sayang, dan (e) Memanggil peserta didik dengan panggilan yang baik. Sedangkan metode punishment dalam proses pembelajaran adalah (a) Memberi nasehat, (b) Memberi tugas peningkatan keilmuan dan ibadah, (c) Memberi nilai kurang pada setiap pelanggaran (d) Memberi peringatan bertahap, (e) Menjerakan siswa, dan (f) Pemberian sanksi fisik yang mendidik. Kata Kunci: Reward dan Punishment; Strategi, Metode, Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:17 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79319 |
Actions (login required)
View Item |