Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENATAAN TEMPAT DUDUK (CLASSROOM SEATING) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DWIPA ABADI KATEMAN

M.ARIEF RAHMAN HAKIM, - (2024) PENGARUH PENATAAN TEMPAT DUDUK (CLASSROOM SEATING) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DWIPA ABADI KATEMAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK M.Arief Rahman Hakim,(2024): Pengaruh Penataan Tempat Duduk (Classroom Seating) terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Dwipa Abadi Kateman Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta bahwa aktivitas belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar masih pasif karena kurangnya pengelolaan kelas dalam hal penataan tempat duduk. Selama ini guru menggunakan penataan tempat duduk yang selalu sama yaitu tempat duduk berbanjar ke belakang atau tempat duduk tradisional. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penataan tempat duduk (classroom seating) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Dwipa Abadi Kateman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Dwipa Abadi, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang siswa, dengan siswa kelas VII 2 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 1 berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji nonparamterik t test (Mann Whitney U). Berdasarkan hasil analsis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan variasi posisi tempat duduk dengan aktivitas belajar siswa yang tidak menggunakan variasi posisi tempat duduk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Dwipa Abadi. Dibuktikan dengan nilai Sig 0.005 < 0.05 yang dimana Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penataan tempat duduk (classroom seating) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Dwipa Abadi Kateman. Kata Kunci: Tempat Duduk, Aktivitas Belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYANTI2024126701yantinasrul072@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:05
Last Modified: 12 Jun 2024 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79313

Actions (login required)

View Item View Item