Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DIBIDANG SINEMATOGRAFI TERHADAP PERSEBARAN WEBSITE ILEGAL PENYEDIA FILM BAJAKAN

Anggi Romaito, Anggi (2024) EFEKTIVITAS UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DIBIDANG SINEMATOGRAFI TERHADAP PERSEBARAN WEBSITE ILEGAL PENYEDIA FILM BAJAKAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)

Abstract

Pengerjaan skripsi ini bermula dari adanya peraturan perundang-undangan mengenai hak cipta. Salah satu jenis karya yang dilindungi oleh Undang-Undang hak cipta adalah karya yang berkaitan dengan perfilman atau sinematografi. Saat ini banyak tersebar website-website illegal penyedia film bajakan sehingga membuat orang lebih memilih menonton melalui website illegal penyedia film bajakan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan faktor penghambat serta upaya dalam meningkatkan efektivitas undang-undang hak cipta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian normatif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa informasi efektivitas undang-undang hak cipta serta faktor penghambat dan upaya dalam meningkatkan efektivitas undang-undang hak cipta terhadap persebaran website ilegal penyedia film bajakan yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi studi pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah masih belum efektifnya Undang-Undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 ini. Hal ini disebabkan karena pelanggaran hak cipta merupakan delik aduan, sehingga aparat penegak hukum tidak dapat bertindak lebih lanjut tanpa adanya pengaduan terlebih dahulu dari pihak yang dirugikan haknya. Selain itu, masih terdapat kurangnya sinergi di antara penegak hukum dalam memblokir website illegal penyedia film bajakan secara permanen, jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) di pemerintahan yang tidak sebanding dengan banyaknya pelanggaran yang terjadi. Selain itu kurangnya kesadaran hukum dari masyarakat itu sendiri yang cendrung menilai hukum sebagai aparat. Sehingga perlu dilakukan upaya dalam meningkatkan efektivitas Undang-Undang Hak Cipta ini dengan meningkatkan sinergi pihak aparat penegak hukum dalam menindak pelaku-pelaku pelanggaran hak cipta. Selanjutnya meningkatkan kesadaran hukum dari masyaraktnya itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaghfirah, -2025107401maghfirah@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMuslim, -2005057207muslimkhansa72@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Film Bajakan Website Ilegal, Karya Sinematografi, Efektivitas Undang-Undang Hak Cipta
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:28
Last Modified: 12 Jun 2024 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79310

Actions (login required)

View Item View Item