PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PENGELOLAAN MOTIVASIONAL SISWA KELAS IV SDN 002 KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Sriwahyun, (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PENGELOLAAN MOTIVASIONAL SISWA KELAS IV SDN 002 KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012228.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas IV SDN 002 Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi Perkembangan Teknologi, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan dengan penerapan Strategi Pembelajaran Pengelolaan Motivasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penerapan strategi pembelajaran Pengelolaan Motivasional Siswa Kelas IV SDN 002 Kuapan Kecamatan Tambang Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 002 Kuapan Kecamatan Tambang, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penerapan stretegi pembelajaran Pengelolaan Motivasional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi motivasi belajar selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Pengelolaan Motivasional. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. Pada pertemuan pertama mencapai 56% dan pada pertemuan ke 2 mencapai 60% dari keseluruhan siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat pada pertemuan pertama mencapai 68% pada pertemuan kedua mencapai 78%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi Pengelolaan Motivasional secara benar maka dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Sep 2016 07:10
Last Modified: 22 Sep 2016 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7931

Actions (login required)

View Item View Item