Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, PENDAPATAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BUKIT KAPUR KOTA DUMAI

SRI PARAMITHA, - (2024) PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, PENDAPATAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BUKIT KAPUR KOTA DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI PARAMITHA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, PENDAPATAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PADA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BUKIT KAPUR KOTA DUMAI Oleh : Sri Paramitha NIM. 12070123753 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan, pendapatan dan lingkungan sosial terhadap perilaku manajemen keuangan pada ibu rumah tangga dikelurahan Bukit Kapur kota Dumai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah ibu rumah tangga dikelurahan Bukit Kapur kota Dumai tahun 2024. Ukuran sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 230 responden dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling, pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner dan teknik analisis data menggunakan analisis SPSS (Statistical Package for Social Science) dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan pada ibu rumah tangga dikelurahan Bukit Kapur kota Dumai. Pendapatan parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan pada ibu rumah tangga dikelurahan Bukit Kapur kota Dumai. Lingkungan sosial parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan pada ibu rumah tangga dikelurahan Bukit Kapur kota Dumai. Besaran pengaruh pengetahuan keuangan, pendapatan dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap perilaku manajemen keuangan pada ibu rumah tangga dikelurahan Bukit Kapur kota Dumai sebesar 71% sisanya 29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pengetahuan keuangan, pendapatan, lingkungan sosial dan perilaku manajemen keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLUSIAWATI2027057501Lusiawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:43
Last Modified: 12 Jun 2024 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79304

Actions (login required)

View Item View Item