Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL MELALUI GIBEI FEIS UIN SUSKA RIAU (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau)

YUNI FITRIANI, - (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL MELALUI GIBEI FEIS UIN SUSKA RIAU (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUNI FITRIANI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL MELALUI GIBEI FEIS UIN SUSKA RIAU (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU) Oleh: Yuni Fitriani 12070120733 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dengan lima indikator yaitu pengetahuan keuangan, keterampilan keuangan, keyakinan keuangan, sikap keuangan, dan perilaku keuangan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. Metode penlitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau, sampel yang digunakan sebanyak 138 mahasiswa. Metode pengumpulan data ppada penelitian ini menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda melalui program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan dan keyakinan keuangan berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi dipasar modal. Sedangkan keterampilan keuangan, sikap keuangan dan perilaku keuangan tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. Nilai adjusted R square adalah 0,566 atau 56,6% yang berarti Minat berinvestasi dapat dijelaskan oleh pengetahuan keuangan, keterampilan keuangan, keyakinan keuangan, sikap keuangan, dan perilaku keuangan dan sisanya 43,4% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Literasi Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Keterampilan Keuangan, Keyakinan Keuangan, Sikap Keuangan, Perilaku Keuangan, Minat Berinvestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHIDAYATI, -2013068501,fitri.hidayati85@gmail.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:51
Last Modified: 12 Jun 2024 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79299

Actions (login required)

View Item View Item