Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA PENDEK DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRAINING-MODEL PADA SISWA KELAS V SDN 007 PULAU TINGGI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Rapima (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA PENDEK DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRAINING-MODEL PADA SISWA KELAS V SDN 007 PULAU TINGGI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012227.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kenyataan yang terjadi pada siswa Kelas V SDN 007 Pulau Tinggi Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yaitu rendahnya motivasi belajar bahasa Indonesia siswa pada materi drama pendek. Maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Training Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia materi drama pendek melalui Strategi Pembelajaran Training Model kelas V SDN 007 Pulau Tinggi Kecamatan Kampar Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi motivasi belajar bahasa Indonesia siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan Strategi Pembelajaran Training Model. Berdasarkan hasil penelitian melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa motivasi belajar siswa hanya dengan persentase 32,5% berada pada klasifikasi “Rendah” setelah siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa dengan persentase 56% dengan klasifikasi “Cukup Tinggi.” Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai 88% dengan klasifikasi ”Sangat Tinggi” Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi Pembelajaran Training Model secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Sep 2016 06:58
Last Modified: 22 Sep 2016 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7929

Actions (login required)

View Item View Item