NOVIA RAHMADANI PUTRI, - (2024) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
|
Text
SKRIPSI NOVIA- SELAIN BAB IV.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV - NOVIA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (964kB) |
Abstract
ABSTRAK Novia Rahmadani Putri (2024): Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian siswa pada mata pelajaran matematika kelas V MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru melalui pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 36 orang siswa. Objek penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning dan kemandirian siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian data menunjukkan bahwa kemandirian siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 22 orang siswa atau 61% berada pada kategori kemandirian kurang, dan 14 orang siswa atau 39% berada pada kategori kemandirian kurang sekali. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning pada siklus I kemandirian siswa meningkat, dimana 19 orang siswa atau 52,77% berada pada kategori kemandirian baik, 15 orang siswa atau 41,66% berada pada kategori cukup baik, dan 2 orang siswa atau 5,55% berada pada kategori kurang. Pada siklus II kemandirian siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 3 orang siswa atau 8,33% berada pada kategori baik sekali, 22 orang siswa atau 61,11% berada pada kategori baik, dan 11 orang siswa atau 30,55% berada pada kategori cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas V pada mata pelajaran matematika MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Kemandirian Siswa. ACC 29/04/2024
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2024 02:30 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2024 02:30 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |