Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 186 PEKANBARU

Rahmi Anesfia, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 186 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMI ANESFIA- SELAIN BAB IV.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text
rahmi anesfia- BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmi Anesfia (2024): Penerapan Model Pembelajaran Paired Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 186 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran paired storytelling dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada muatan peajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 186 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya satu orang guru dan 26 siswa sementara objeknya adalah model paired storytelling dan keterampilan menyimak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menyimak siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melaui model pembelajaran paired storytelling. Grafik peningkatannya tampak dari hasil tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata keterampilan menyimak siswa hanya 55,8. Sementara pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 70,3. Adapun pada siklus II keterampilan menyimak siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata 81,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran paired storytelling dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 186 Pekanbaru. Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Model Pembelajaran Paired Storytelling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhan2017107301subhan.alhazmi73@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:19
Last Modified: 12 Jun 2024 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79269

Actions (login required)

View Item View Item