Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BAHASA ARAB BERBASIS MUFRADAT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII DI PONDOK PESANTREN TAHFIZUL QUR'AN SUNGAI PINANG - KAMPAR

ILHAM, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BAHASA ARAB BERBASIS MUFRADAT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII DI PONDOK PESANTREN TAHFIZUL QUR'AN SUNGAI PINANG - KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ILHAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ilham, (2024) : Pengaruh Penggunaan Modul Bahasa Arab Berbasis Mufradat Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII Di Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Sungai Pinang - Kampar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apa Pengaruh penggunaan modul bahasa Arab berbasis mufradat terhadap pembelajaran bahasa arab untuk kemahiran keterampilan berbicara bagi peserta didik kelas VII di pondok pesantren tahfizul qur'an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dimana variabel penelitian tidak memungkinkan untuk dikontrol. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group desain yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunkan dalam pengumpulan data adalah Uji Validitas dan Uji Reabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan t-test melalui instrumen tentang aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab, maka disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan modul bahasa Arab berbasis mufradat untuk keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas Vll di pondok pesantren Tahfizul Qur'an Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5%, 4.777> 2.228. Dengan demikian Ha diterima Ho ditolak. Dengan nilai mean 9230 kelas eksperimen dan nilai mean 68.70 pada kelas kontrol, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam Penggunaan modul bahasa Arab berbasis mufradat terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab siswa pada mata pelajaran bahasa Arab pada siswa kelas Vll di pondok pesantren Tahfizul Qur'an Sungai pinang kampar. Kata kunci : Pengaruh, Modul Bahasa Arab, Mufradat, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMASRUN2011037701masrun@uin-suska.ac.id
Subjects: 400 Bahasa
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:57
Last Modified: 11 Jun 2024 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79268

Actions (login required)

View Item View Item